ilustrasi (sumber: google)
ilustrasi (sumber: google)

Gustinerz.com | Hari Kesehatan Nasional disingkat HKN sebentar lagi akan diperingati oleh masyarakat Indonesia, namun apa anda sudah tau mengapa tanggal 12 November ditetapkan sebagai hari kesehatan nasional? Ternyata…..

Pada tahun 50an Indonesia mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Malaria, untuk mengatasi masalah tersebut dibentuk unit tersediri untuk membasmi malaria yang disebut Dinas Pembasmian Malaria (DPM) pada tahun 1959, yang kemudian pada tahun 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria ditangani serius oleh pemerintah saat itu yang dibantu oleh USAID dan WHO sehingga pada tahun 1970 Indonesia bebas malaria.

Pada tanggal 12 November 1964 terjadi peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis oleh Presiden Soekarno bertempat di desa Kalasan, Yogyakarta. Kegiatan ini juga dibarengi dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang malaria, perisitiwa inilah yang mendasari setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang sampai saat ini terus diperingati dan dijadikan sebagai momentum pendidikan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Pada tahun 2016 ini tema HKN ke-52 adalah Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat yang dicetuskan oleh Kementrian Kesehatan RI.

Karena begitu pentingnya kesehatan maka dibentuklah Undang-Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yang didalamnya mengamanahkan setiap orang berkewajiban ikut mewujudkan, mempertahankan, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya (UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 9 ayat (1).

Jadi sekarang sudah paham mengapa tangga 12 November diperingati sebagai hari kesehatan nasional (HKN), semoga bermanfaat << Beranda

 

Sumber: http://promkes.depkes.go.id/hari-kesehatan-nasional/

12 November Diperingati Sebagai Hari Kesehatan Nasional, Mengapa?
Tag pada:                
shares