screenshot-2016-10-07-22-04-58Gustinerz.com | Salah satu tokoh keperawatan yang sampai saat ini teorinya masih diaplikasikan pada pelayanan keperawatan adalah Virginia Henderson. Ia adalah seorang perawat, teoretikus, peneliti, dan pengarang buku. Salah satu teori Virginia Henderson adalah 14 Kebutuhan Dasar Manusia.

Virginia Henderson melihat pasien sebagai individu yang membutuhkan bantuan untuk mencapai kemandirian dan kelengkapan atau keutuhan pikiran dan tubuh. Dia mengungkapkan bahwa praktik keperawatan sebagai bentuk praktik yang independen.

Fungsi dasar seorang perawat adalah membantu individu yang sakit maupun sehat, kegiatanya keperawatan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan sehingga individu mendapatkan pemulihan atau perfoma yang baik. Henderson menekankan asuhan keperawatan didasari pada 14 kebutuhan dasar manusia.

14 Kebutuhan dasar manusia menurut Henderson adalah sebagai berikut (Sumber: Alligood, MR (2014) Nursing Theorists and Their Work)

  1. Breath normally (bernapas dengan normal)
  2. Eat and drink adequately (kebutuhan makan dan minum yang adekuat)
  3. Eliminate body wastes (kebutuhan eliminasi)
  4. Move and maintain desirable postures (kebutuhan bergerak dan dapat mempertahankan postur tubuh dengan baik
  5. Sleep and rest (kebutuhan tidur dan beristirahat)
  6. Select suitable clothes; dress and undress (kebutuhan berpakaian)
  7. Maintain body temperature within a normal range by adjusting clothing and modifying the environment (mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal, dengan menyesuaikan pakaian dan memodifikasi lingkungan)
  8. Keep the body clean and well groomed and protect the integument (menjaga tubuh tetap bersih dan melindungi kulit)
  9. Avoid dangers in the environment and avoid injuring others (menghindari bahaya lingkungan dan menghindari cedera orang lain)
  10. Communicate with others in expressing emotions, needs, fears, or opinions (Berkomunikasi dengan orang lain untuk mengungkapkan perasaan emosi, kebutuhan, ketakutan atau pendapat)
  11. Worship according to ones’s faith (mempercayai keimanan/ketuhanan)
  12. Work in such a way that there is a sense of accomplishment (Kebutuhan akan pekerjaan dan penghargaan)
  13. Play or participate in various forms of recreation (kebutuhan akan hiburan atau rekreasi)
  14. Learn, discover, or satisfy the curiosity that leads to normal development and health and use the available health facilities (Belajar, menemukan atau memuaskan rasa ingin tahu dan dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. <<Beranda
14 Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Virginia Henderson
shares