Gustinerz.com | Bandar Udara atau biasa disingkat Bandara adalah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat (Wikipedia).

Di Indonesia terdapat 232 Bandar Udara yang terdiri dari 194 bandara domestik, 23 Bandara Internasional, dan 15 Bandara pangkalan militer (Halokawan.com)

Dari total jumlah bandara tersebut ada 3 Bandara Paling Sibuk di Indonesia yakni

Terminal Ultimate 3 (sumber: Google Image)
Terminal Ultimate 3 (sumber: Google Image)
  1. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Bandara yang lebih dikenal dengan nama Soeta ini terletak di Tanggeran Banten, mulai beroperasi pada tahun 1985. Nama Bandara ini diambil darai nama bapak proklamator Bangsa Indonesia (Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta). Bandara dengan kode IATA location identifier CKG ini pada tahun 2015 telah menerbangkan penumpang sebanyak 19.151.091 orang (BPS, 2016).

Dengan demikian Bandara Soeta merupakan bandara paling sibuk nomor satu di Indonesia.

Terminal 2 Juanda (sumber: Google Image)
Terminal 2 Juanda (sumber: Google Image)
  1. Bandar Udara Internasioan Juanda

Secara geografik Bandara Internasional Juanda terletak di Kabupaten Sidoarjo akan tetapi bandara ini lebih dikenal terletak di Surabaya, Jawa Timur. Nama Juanda diambil dari Ir. Juanda Kertaja (Perdana Menteri Ke-10 Indonesia waktu itu). Kode IATA SUB ini diresmikan oleh Presiden RI saat itu Ir. Soekarno pada tanggal 12 Agustus 1964.

Bandara Internasional Juanda berada diurutan kedua bandara paling sibuk di Indonesia setelah Soeta. Bandara Internasional Juanda pada tahun 2015 menerbangkan penumpang sebanyak 6.857.696 orang (BPS, 2016).

Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (sumber: Google Image)
Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (sumber: Google Image)
  1. Bandar Udara Internasional Ngurah Rai

Siapa yang tak mengenal Bali?, mungkin anda salah satunya yang pernah berkunjung kesana? Sungguh “luar biasa” itu kata pertama saya ketika tiba di Bandara Ngurah Rai, mengapa? Karena Bandara ini sangat kental dengan budaya Bali.

Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (Kode IATA DPS) terletak di Kuta, Bali (jelas sangat dekat dengan pantai Kuta). Nama Bandara diambil darai I Gusti Ngurah Rai seorang pahlawan Indonesia dari Bali.

Tahun 2015 Bandara Ngurah Rai menerbangkan penumpang sebanyak 4.122.180 orang (BPS, 2016) sehingga menempatakan bandara ini sebagai bandara paling sibuk ketiga di Indonesia.

Ruang Tunggu Bandara Internasioanl Sultan Hasanuddin (sumber: google image)
Ruang Tunggu Bandara Internasioanl Sultan Hasanuddin (sumber: google image)
  1. Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin

Bandara yang terletak di Maros atau 30 Km dari pusat Kota Makassar ini berstatus sebagai bandara internasional sejak 28 Oktober 2006. Nama bandara ini diambil dari Sultan Hasanuddin (Raja Gowa ke-16 dan Pahlawan Nasional Indonesia).

Bandara tersbesar di pulau Sulawesi dengan kode IATA UPG ini, pada tahun 2015 telah menerbangkan 3.306.353 orang (BPS, 2016) yang menempatkan bandara ini urutan ke-4 sebagai bandara paling sibuk di Indonesia.

Bandara Internsional Kualanamu (sumber: google image)
Bandara Internsional Kualanamu (sumber: google image)
  1. Bandar Udara Kuala Internasional Kualanamu

25 Juli 2013, Bandar Udara Internasional Kualanamu yang terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara ini resmi dioperasikan untuk mengganti Bandara Internasional Polonia Medan yang sudah berumur 85 tahun. Bandara dengan Kode IATA KNO ini pada tahun 2015 telah menerbangkan penumpang sebanyak 3.226.695 orang (BPS, 2016), sehingga menempatkan bandara ini sebagai bandara urutan ke-5 paling sibuk di Indonesia. Maaf, Saya pribadi belum pernah melihat langsung bandara ini (jadi kurang referensinya).

itulah ke lima Bandara Udara Tersibuk di Indonesia versi Gustinerz.com, semoga bermanfaat << Beranda

5 Bandar Udara Tersibuk Di Indonesia
Tag pada:            
shares