Universitas Airlangga (unair.ac.id)
Universitas Airlangga (unair.ac.id)

Gustinerz.com | Tepat tahun ini Universitas Airlangga (UNAIR) genap berusia 62 tahun. Tema Diesnatalis 62th Unair tahun ini adalah “Untuk Indonesia Adil dan Beradab”. Sejak didirikan 62 tahun yang lalu tepatnya tanggal 1 November 1954 sudah banyak prestasi yang diraih oleh Unair diantaranya menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia serta menjadi World Class University.

Untuk memeriahkan Diesnatalis Unair ke-62 tahun ini ada baiknya kita mengetaui fakta menarik tentang Unair.

  1. Berawal Dari Sekolah Kedokteran

Sebelum didirikan dengan nama resmi Universitas Airlangga, cikal bakal Unair berawal dari Sekolah Doker Jawa (Dokter Djawa School) tahun 1851. Setelah itu tahun 1902 di reorganisasi menjadi STOVIA (School Tot Opleiding van Indische Artsen)  atau sekolah pendidikan dokter Hindia pada zaman Kolonial Hindia Belanda. Sebelas tahun kemudian didirikan NIAS (Netherlandsch Indische Artsen School) yang merupakan sekolah kedokteran bagi penduduk pribumi yang didirikan di kota Surabaya tahun 1913. Setelah itu didirikan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) yang merupakan sekolah kedokteran gigi. Tahun 1948 diganti dengan Faculteit der Geneeskunde Cabang Surabaya sebagai cabang Fakultas Kedokteran Universitet Indonesia.

Pada tahun 1954 barulah Universitas Airlangga didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI tahun 1954. Fakultas Kedokteran dan Lembaga Ilmu Kedokteran Gigi di Surabaya menjadi bagian dari Unair.

Tanggal 10 November 1954 (bertepatan hari Pahlawan) Universitas Airlangga diresmikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke tiga di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

  1. Arti Nama Airlangga

Airlangga merupakan pendiri kerajaan kahirupan yang memerintah 1009-1042 dengan gelar Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewadengan wilayah kekuasaannya hampir seluruh jawa timur. Pemberian nama Airlangga, karena Airlangga mempunyai arti “Sang Pemelihara” adalah seorang raja sangat terkenal pada Abad XI. Raja yang arif dan bijaksana, cakap, dan mampu mempersatukan wilayah di kawasan Timur Indonesia.

  1. Memiliki Tiga Kampus Utama

Universitas Airlangga terdiri dari 3 kampus, dengan pusat administrasi terletak di kampus C.

Kampus A terletak di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 47 A Surabaya memiliki dua fakultas yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Dikampus ini masih terdapat gedung bersejarah peninggalan sekolah kedokteran NIAS dan sekolah kedokteran gigi STOVIT.

Kampus B terletak di Jl. Airlangga No. 4-6 Surabaya terdapat fakultas ilmus sosial dan politik, farmasi, ekonomi dan bisnis, hukum, psikologi, ilmu budaya, dan fakultas vokasi serta sekolah pascasarjana.

Kampus C terletak di Jl. Mulyorejo Surabaya. Kampus C merupakan pusat administrasi Universitas Airlangga dimana di kampus ini terdapat Rektorat/kantor administrasi. Terdapat fakultas sains dan teknologi, kesehatan masyarakat, keperawatan, perikanan dan kelautan, dan fakultas kedokteran hewan.

  1. Universitas Terbaik

Universitas Airlangga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Berdasarkan ranking yang ditetapkan oleh Ristekdikti Unair berada di posisi delapan sementara hasil pemeringkatan oleh QS Top Universities Unair berada diperingkat empat tingkat nasional, 190 tingkat Asia, dan 701+ tingkat dunia.

  1. Mahasiswa Berasal dari Seluruh Provinsi di Indonesia

Unair memiliki 35.985 mahasiswa aktiv yang terdiri dari 3.000+ mahasiswa vokasi, 20.000+ mahasiswa sarjana dan pascasarjana, serta 1.600+ mahasiswa profesi yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dan berasal dari luar negeri. Setiap tahunya Unair menerima tidak kurang dari 7.000 mahasiswa baru.

Itulah 5 fakta menarik seputara Unair, semoga bermanfaat. <<Beranda

Sumber:

  • http://unair.ac.id/site/menu/show/6/sejarah.html
  • Wikipedia Indonesia
  • Youtube Universitas Airlangga
5 Fakta Menarik Seputar Universitas Airlangga
Tag pada:        
shares