Ilustrasi

Ilustrasi

Gustinerz.com | Kuesioner merupakan salah satu jenis instrumen/alat ukur yang sering digunakan dalam penelitian. Namun sebelum diuji kuesioner harus di uji validitas dan uji reliabilitas hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kevalidan dan reliabelnya alat ukur tersebut.

Salah satu cara untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner adalah dengan menggunakan propram perangkat lunak SPSS. Berikut Gustinerz bagikan caranya

1. Susunlah pertanyaan atau pernyataan sesuai dengan indikator variabel penelitian yang kita akan teliti misalnya jenis pertanyaan tentang perilaku caring perawat “apakah perawat memperlakukan sikap yang sopan kepada anda (pasien)? maka jawabanya adalah “YA” atau “TIDAK” ini salah satu contoh penggunaan skala nominal, atau dengan pernyataan “saat melakukan tindakan keperawatan, perawat memperlakukan anda (pasien) dengan sopan” maka jawaban yang bisa dipilih responden adalah “SELALU”, “SERING, “JARANG”, “TIDAK PERNAH”. Tips Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya akan tetapi ada hubungan dengan indikator variabel yang kita akan teliti.

2. Setelah menyusun pernyataan/pertanyaan, segera bagikan kuesioner anda pada lokasi penelitian anda atau dilokasi lain akan tetapi karakteristik responden sama dengan karakteristik responden yang akan anda teliti nanti. Misalnya penelitian Gustinerz di ruang perawatan anak RSUD Aloei Saboe, maka Gustinerz bisa menguji kuesioner/alat ukur di ruang perawatan di RSUD Dunda Limboto.

3. Setalah mendapatkan data silahkan olah data secara manual, misalnya untuk jawaban YA diberi nilai 2, atau TIDAK diberi nilai 1 (skala nominal), atau SELALU=4, SERING=3, JARANG=2, TIDAK PERNAH=1. Ini dilakukan agar penginputan data pada progam SPSS lebih mudah. Setelah itu jumlahkan.

4. Silahkan buka program SPSS pada komputer anda, Gustinerz menggunakan SPSS versi 16.

5. Pilih variabel View, anda akan menemukan menu: name, type, width, decimal, label, values, missing, collumns, align, dan measure.

6. Name: masukan nama pertanyaan No. 1 dengan kode P1 atau terserah anda, Type: numeric, width: 8, Decimals: 0, label: Pertanyaan/pernyataan 1, values: -, measure: pilih skala nominal/ordinal

7. setelah semua data terisi pada SPPS tersebut, klik DATA VIEW, pilih menu Correlate, pilih bivariate, anda akan menumak kotak dialog, pilih semua data dari p1 dan pindahakn ke kolom variabel, klik pearson dan ok.

8. Silahakan cek, apabila pada kolom jumlah ditemukan ada jawaban yang ditandai kutip ” atau ‘ (**/*)berarti pertanyaan tersebut valid.

9. Selanjutnya, untuk menguji reliabilitas, silahkan kembali ke Data View, pilih menu analyze, pilih scale, pilih reliability analysis, masukan data ke kolom variabel, pilih statics, pilih item, scale, correlation, covarience, lalu klik continue, dan klik ok.

10. Silahkan Cek apakah nilai Alpah Cronbach diatas 0.7 maka kuesioner tersebut reliabel. Selamat Mencoba.

7 thoughts on “Cara Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Dengan Program SPSS

Tinggalkan Komentar