icn logo (sumber: icn.ch)
icn logo (sumber: icn.ch)

Gustinerz.com | Perkembangan dunia keperawatan moderen dimulai sejak jaman Florence Nightingale (1820-1910). Nightingale dikenal dengan The Lady With The Lamp karena perannya dalam merawat tentara dimalam hari menggunakan lentera pada saat perang Krimea (1853-1856), ini yang mendasari banyak logo organisasi-organisasi keperawatan menggunakan lentera sebagai logo keperawatan. Hingga saat ini filosopi keperawatan yang dikembangkan oleh Nightingale masih digunakan dalam praktik pelayanan keperawatan.

Dunia keperawatan semakin berkembangan kearah yang lebih baik dan telah diakui sebagai sebuah profesi atau profesional yang ada di seluruh negara di dunia. Misalnya di Indonesia telah berdiri Organisasi Profesi Perawat (Persatuan Perawat Nasional Indonesia/PPNI pada tahun 1974) dan pada tahun 2014 lalu telah lahir Undang-Undang No. 38 tentang Keperawatan, ini membuktikan perawat telah diakui sebagai sebuah profesi, namun jauh sebelum tahun 1974 organisasi-organisasi profesi keperawatan telah berdiri misalnya ANA (American Nurse Association) di Amerika, dan diikuti oleh beberapa negara lain.

Sehingga pada tahun 1899 didirikan sebuah organisasi profesi keperawatan dunia yakni International Council of Nurses (Konsil Keperawatan Internasional) atau disingkat INC merupakan sebuah federasi/kesatuan dari berbagai asosiasi keperawatan nasional (masing-masing negara) yang mewakili lebih dari 16 juta perawat diseluruh dunia.

Saat ini tercatatat ada lebih dari 130 negara yang tergabung dalam ICN termasuk Indonesia yang diwakili oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

ICN berfungsi dalam memastikan pelayanan keperawatan yang berkualitas untuk semua kalangan, kebijakan kesehatan secara global, kemajuan pengetahuan keperawatan, dan ada diseluruh dunia untuk memastikan pelayanan perawat yang kompeten dan memuaskan.

ICN hadir untuk memperkuat hubungan atau jaringan ke asosiasi keperawatan tingkat nasional, organisasi keperawatan dan organisasi non-keperawatan serta memastikan perkembangan dunia keperawatan yang lebih baik di masa yang akan datang.

ICN telah menetapkan 3 pilar atau program utama dalam memajukan dunia keperawatan yang dikenal dengan ICN’s Pillar yaitu Praktik Profesional, Regulasi, dan Kesejahteraan Sosial-Ekonomi. Manfaat yang didapat jika bergabung di dengan ICN diantaranya adalah

  1. Kredibilitas

ICN adalah organisasi nonpermerintah yang telah lama didirikan dan dihormati untuk mengidentifikasi dan menangani isu-isu kunci pada profesi keperawatan dan bagaimana peran perawat dalam kesehatan dan kesejahteraan pasien, keluarga dan komunitas.

  1. Kepemimpinan

ICN memberikan anggotanya platform dan sarana untuk mencapai tujuan bersama melalui tindakan kolaboratif, bekerja sama untuk kepentingan masyarakat, kemajuan profesi dan pengembangan anggotanya sehingga berdampak pada Negaranya.

  1. Platform Global

Pengakuan nilai perawatan melalui pengembangan kebijakan berdasarkan penelitian yang relevan dan memberikan bimbingan dan dukungan teknis kepada para anggotanya. <<Beranda

Sumber:

  1. http://www.icn.ch/members/members-benefits/
  2. http://www.icn.ch/who-we-are/who-we-are/
  3. http://www.rncentral.com/blog/2011/5-organizations-nurses-should-know-about/
Apa itu International Council of Nurses & Apa Manfaatnya
Tag pada:                    
shares