Gustinerz.com | Ketika mendengar bahwa lebih baik membuat asuhan keperawatan berdasarkan diagnosis NANDA, Intervensi NIC, dan Kriteria hasil NOC saya tertarik untuk mencari buku tersebut, akhirnya didapatkan di Toko Buku Ibnu Sina (Depan Kampus 1 UNG).

Setelah membaca beberapa pengantar dari buku tersebut dan melihat susunan pedoman diagnosis, intervensi dan kriteria hasil keperawatan dalam buku tersebut saya kebingungan untuk memahami seperti apa membuat asuhan keperawatan menggunakan buku ini? Soalnya biasa saya menggunakan buku pedoman untuk mebuat asuhan keperawatan berdasarkan apa yang ditulis oleh Marilynn E Doenges.

Dalam buku diagnosis keperawatan berdasarkan NANDA, NIC, NOC tersebut bagus sekali karena dalam buku tersebut telah diuraikan satu persatu penjelasan tentang diagnosis dan seperti apa kita mengangkat diagnosis pada pasien seteah pengkajian, dan apa saja faktor yang berhubungan dengan munculnya diagnosis tersebut, sepertinya saya sudah memahaminya, yang masalahnya adalah menggunakan intervensi dari NIC. Intervensi yang saya tahu itu banyak yang kita akan lakukan(maklum biasa menggunakan Doenges)  akan tetapi dalam buku tersebut intervensi berdasarkan NIC hanya terdiri dari beberapa kalimat saja. Rasanya saya masih harus memahami cara pemakaian buku diagnosis NANDA, Intervensi NIC, dan kriteria hasil NOC.

Kemarin (Jumat, 5 Oktober 2012) saya dan teman-teman dari keperawatan lainya bertemu dengan Ns. Fandy, S.Kep (salah satu Dosen Keperawatan) disela-sela pertemuan tersebut saya mengajukan pertanyaan “bagaimana cara menggunakan buku pedoman diagnosis NANDA, Intervensi NIC, dan Kriteria hasil NOC?”. Jawaban Ns. Fandy “saya juga masih belum memahami menggunakan NANDA NIC NOC, insya Allah bulan oktober ini ada pelatihan pada CI (Clinical Instructure) di Gorontalo tentang pembuatan askep berdasarkan NANDA NIC NOC pematerinya langsung dari Jakarta”.

Semoga setelah pelatihan tersebut para CI bisa langsung memberikan pencerahan kepada mahasiswa-mahasiswa untuk menggunakan buku NANDA NIC NOC.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Diagnosis Keperawatan NANDA, Intervensi NIC, dan Kriteria Hasil NOC?
Tag pada:        

3 gagasan untuk “Bagaimana Cara Menggunakan Diagnosis Keperawatan NANDA, Intervensi NIC, dan Kriteria Hasil NOC?

  • 23 Oktober, 2012 pukul 7:35 pm
    Permalink

    saya juga bingung menggunakan buku nanda,nicnoc!!!
    udah berulang kali baca tp tetp blum paham

    Balas
    • 23 Oktober, 2012 pukul 11:55 pm
      Permalink

      Iya sama..
      Semoga kedepannya kita semua udah bisa menggunakannya.
      Terimakasih komentarnya 🙂

      Balas

Tinggalkan Komentar

shares