Gustinerz.com | Uji Hipotesisi merupakan hal yang penting ketika kita melakukan penelitian, bisa bilang tahap ini menjadi penentu apakah penelitian yang telah kita lakukan berhasil atau sebaliknya.

Disini Gustinerz akan membagikan pengalaman Gustinerz saat menguji hipotesa penelitian Gustinerz yang berjudul “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kecemasan Akibat Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler”.

Hipotesis dibagi menjadi dua yakni hipotesisi Ho (tidak ada hubungan antara variabel penelitian x dan y) dan Ha (ada hubungan antara variabel penelitian x dan y).Gustinerz mengambil salah satunya yakni hipotesis Ha (Ada Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kecemasan Akibat Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler). Dalam uji ini Gustinerz menggunakan Analisis Chi-Square pada program SPSS.

Berikut prosedur cara uji hipotesis oleh Gustinerz

– Langka 1: Siapkan data hasil penelitian anda (data harus telah melalui prosedur pengodean)

caring daengan kecemasan

2. Copy data tersebut dan paste pada program SPSS. Pada program SPSS pilih variabel view yang terletak pada sisi kiri bawah pada program SPSS.

variabel view

3. Anda akan melihat menu seperti gambar 1.1. Pada menu “name” pada baris 1 tulis variabel x (independen) dan pada baris 2 variabel y (dependen). Selanjutnya pilih menu values silahkan masukan kriteria penilaian baik itu variabel x dan variabel y. lihat gambar 1.2 tekan ok.

variabel view 1
Gambar 1
Menu Values
Gambar 2 (menu values)

4. Kembali pada menu “Data View” pada bagian bawah SPSS, secara otomatis data angka menjadi huruf (sesuai dimasukan pada menu values). Pilih menu Analyze > Descriptive Statistics > Crosstabs (lihat gambar 3).

Gambar 3
Gambar 3

5. Masukan variabel x pada rows dan variabel y pada column, pilih statistics centang chi-square dan correlation > continue > ok

Gambar 4
Gambar 4

6. Berikut output uji hipotesis Chi-square dengan program SPSS dengan judul penelitian “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kecemasan Akibat Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler”

Output SPSS
Output SPSS

7. Yang harus diperhatikan adalah hasil Chi-Square dan Asymp Sig (taraf signifikaan) lihat gambar Outpus SPSS pada yang telah diberi lingkaran merah.

8. Cara pengambilan keputusan

  1. X2 hitung < X2 tabel Ho diterima ; X2 hitung > X2 tabel  Ha diterima
  1. probabilitas > 0.05  Ho diterima ; probabilitas < 0.05 Ha diterima

Hasil SPSS

–          X2 hitung = 6.232

–          X2 tabel (2-1)(3-1) = 5.991 (df:2)

–          probabilitas signifikan= 0.044

–          α = 0.05

KEPUTUSAN

  1. 6.232 > 5.991 (Ha diterima, ada hubungan perilaku caring perawat dengan kecemasan akibat stres hospitalisasi pada anak usia toddler)
  2. 0.044 < 0.05 (Ha diterima, ada hubungan perilaku caring perawat dengan kecemasan akibat stres hospitalisasi pada anak usia toddler)
  3. ADA HUBUNGAN ANTARA PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KECEMASAN AKIBAT STRES HOSPITALISASI PADA ANAK USIA TODDLER.

Artikel ini tersedia dalam Versi PDF klik disini untuk mendownload

Cara Uji Hipotesis Penelitian Dengan Program SPSS
Tag pada:            

Satu gagasan untuk “Cara Uji Hipotesis Penelitian Dengan Program SPSS

  • 17 Januari, 2015 pukul 11:39 am
    Permalink

    Mbak menu valueny saya gabisa d masukan kriteriany, tlg solusinya mbak

    Balas

Tinggalkan Komentar

shares