Gustinerz.com – KEPERAWATAN | Bursitis merupakan penyakit pada sistem skeletal dimana terjadi gangguan pada bursa (kantung) yang berperan dalam sistem persendian untuk melakukan pergerakan. Bursitis pada umumnya disebabkan oleh cedera ringan yang sering terjadi biasanya karena aktifitas pekerjaan.

Berdasarkan jenisnya bursitis dibagi menjadi dua yaitu akun dan kronis, sedangkan berdasarkan tempat terjadinya bursitis dibagi menjadi enam yaitu bursitis alekranon, bursitis trokanter, bursitis kaki, bursitis prepatela, bursitis intrapatela, bursitis iliopsus.

Dalam pengkajian kepada klien/pasien biasanya pasien mengeluh nyeri lokal dan akan terlihat adanya pembengkakan pada daerah lokal tersebut dan tentunya pasien tidak bisa melakukan gerakan/aktivitas pada derah lokal karena nyeri.

Dari pengkajian pasien tersebut Diagnosa keperawatan yang akan muncul pada pasien dengan gangguan sistem muskuloskeletal “bursitis” adalah

1. Nyeri berhubungan dengan proses penyakit (peradangan bursitis)

2. Gangguang Mobilitas Fisik berhubungan dengan disfungsi sistem gerak organ yang terkena

Diagnosa keperawatan pada pasien gangguan sistem muskulo skeletal “bursitis” diatas sejatinya berdasarkan manifestasi klinis yang menggangu KDM pasien, otomatis disetiap pasien yang dikaji akan mengalami perbedaan manifestasi klinis atau keluhan yang dikatakan oleh pasien.

 

 

Diagnosa Keperawatan Penyakit Bursitis (Peradangan Bursae/Kantung)
Tag pada:                

Tinggalkan Komentar

shares