Gustinerz.com – TIPS | Pelanggan merupakan tamu yang amat penting yang harus dipahami oleh setiap orang yang menjadi produsen atau penjual barang/jasa. Pelanggan adalah orang yang berbaik hati yang memberikan kesempatan kepada produsen barang atau jasa untuk melayani dirinya.

Kebutuhan pelanggan harus kita ketahui dan sebisa mungkin kebutuhan tersebut kita berikan kepada mereka agar mereka betah menjadi pelanggan kita. Untuk itu seorang atau perusahan harus memahami 3 kebutuhan pelanggan yaitu Need, Demand, dan Expectation.

NEED: kebutuhan, produsen harus memahami kebutuhan dari pelanggannya tersebut. misalnya dalam sebuah klinik kesehatan seorang dokter atau perawat harus bisa memahami pasien datang ke klinik kebutuhanya adalah berobat/sembuh.

Demand: tuntuan, jika pasien telah berada di tempat klinik kita, maka ia menuntut sebuah tempat yang nyaman, jadi kenyamanan merupakan tuntutan atau demand dari pasien tersebut, dan perawat harus tahu tersebut, jadi usahakan tempat praktik / klinik haruslah nyaman (bersih, dipasang AC, dan keramahan dari perawat)

Expectation: harapan ketika pasien datang di tempat praktik/klinik adalah bagaimana klinik ini bisa menjaga privasinya.

Jika kita memahami kebutuhan akan pelanggan/cotumer kita dapat memberikan dampak yang positif bagi produk yang kita hasilkan.

 

Memahami Pelanggan Dengan “Need, Demand, Expectation”
Tag pada:            

Tinggalkan Komentar

shares