Gustinerz.com – KESEHTAN & TIPS | Musim lebaran haji/korban telah tiba, setiap dari kita pasti tidak akan ketinggalan untuk mengkonsumsi daging bisa dibilang hidangan daging (sapi, kambing, dll) selalu disajikan dalam seminggu kedepan sejak dimulainya hari raya idul adha.

Beberapa dari kita mempunyai riwayat penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) dan penyakit ini mewajibkan kita untuk mengurangi konsumsi dagin, mengapa demikian?

“Dalam daging sapi dan kambing memiliki kadar lemak / kolesterol jahat yang tinggi, kolesterol dalam daging ini dapat mencetus terdinya atau kambuh kembali darah tinggi penderita (khusunya yang mempunyai riwayat hipertensi). Dengan adanya kolesterol dalam daging tersebut dapat menimbulkan/meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat terjadi penumpukan lemak jahat yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah keadaan ini disebut aterosklerosis sehingga sirkulasi darah kita terganggu. Dengan adanya penyempitan pembuluh darah akibat terendapnya lemak jahat tersebut (aterosklerosis) dapat meningkatkan tekanan darah (hipertensi) hal ini karena terjadi peningkatan tahanan perifer di pembuluh darah”.

Untuk mensiasati agar tidak terjadi/kambuh kembali tekanan darah naik (hipertensi) sebiaknya menyeimbangan konsumsi daging dengan buah-buahan. Buah-buahan mengandung lemak baik yang dapat berfungsi membersihkan pembuluh darah dari lemak-lemak/kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh darah tersebut.

Mengapa Daging Mencetus Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Apa Solusinya Agar Tekanan Darah Tetap Stabil Saat Lebaran Kurban?
Tag pada:        

Tinggalkan Komentar

shares