Gustinerz.com | PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) merupakan organisasi profesi perawat se Indonesia sesuai dengan UU No. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan. Sebagai sebuah organisasi profesi perawat, PPNI telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kualitas SDM keperawatan di Indonesia.

Namun akhir-akhir ini telah banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi diatas untuk membuat kegiatan (seminar/workshop) yang mengatas namakan PPNI Pusat, bahkan mereka telah mengedarkan surat (palsu) yang mengatasnamakan PPNI. PPNI telah melaporkan pemalsuan surat ini ke pihak yang berawajib dan sementara dalam proses.

Oleh karena itu, selaku mahasiswa keperawatan atau perawat Indonesia kita jangan sampai tertipu dengan kegiatan-kegiatan yang mengatas namakan PPNI (DPP/DPW/DPD/DPK). Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara mengenali surat resmi dari DPP (Dewan Pengurus Pusat) PPNI karena menjadi tanggung jawab saya sebagai Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI. Informasi yang saya akan berikan ini berdasarkan Workshop Kesekretariatan yang diadakan oleh PPNI Pusat bulan April 2016.

  1. Nomor Surat

Format nomor surat PPNI baik di PPNI Pusat, Wilayah, Daerah, DPK atau perwakilan luar negeri menggunakan format sebagai berikut

  • PPNI Pusat: No. Surat/DPP.PPNI/Jenis Suarat/K.S/Bulan/2016 (contoh: 001/DPP.PPNI/SU/K.S/IX/2016)
  • PPNI Provinsi: No. Surat/DPW.PPNI/Jenis Suarat/K.S/Bulan/2016 (contoh: 001/DPW.PPNI/SU/K.S/IX/2016)
  • PPNI Kab/kota: No. Surat/DPD.PPNI/Jenis Suarat/K.S/Bulan/2016 (contoh: 001/DPD.PPNI/SU/K.S/IX/2016)
  • PPNI Komisariat: No. Surat/DPK.PPNI/Jenis Surat/K.S/Bulan/2016 (contoh: 001/DPK.PPNI/SU/K.S/IX/2016)
  1. Yang Menandatangani

Surat resmi PPNI baik itu di pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan komisariat wajib di tanda tangani oleh Ketua dan Sekretaris serta cap organisasi  berada diantara tanda tangan ketua dan sekretaris.

  1. Dikirim Melalu Email Resmi PPNI

Khusus untuk kegiatan PPNI Pusat surat resmi dikirim melalui email resmi PPNI yang dikelola oleh PPNI Pusat yakni dppppni@gmail.com biasanya PPNI mengirim ke ketua, sekertaris, atau pengurus PPNI di tingkat Provinsi atau Daerah yang wajib diinformasikan ke anggota PPNI.

  1. Menghubungi Pengurus PPNI

Wajib untuk memastikan kegiatan kepada pengurus PPNI yang masih aktiv misalnya ketua atau sekretaris  untuk memastikan kebenaran dari kegiatan dan pemberian SKP Kegiatan.

berikut conto screenshot surat resmi PPNI

contoh surat resmi ppni
contoh surat resmi ppni
Mengenali Surat Resmi PPNI
Tag pada:        
shares