Gustinerz.com | Salah satu pilihan para pemuda dan pemudi Negeri ini untuk meraih masa depan yang baik adalah masuk perguruan tinggi. Dunia pendidikan tinggi di Indonesia sangat berkembang pesat, hal ini bisa dilihat dari beberapa Perguruan Tinggi Nasional kita masuk daftar 500 Perguruan Tinggi (PT) Terbaik di Dunia.

World University Rankings 2016

Menurut QS TOP UNIVERSITIES yang dikutip dari website topuniversities.com ada sembilan Perguruan Tinggi Indonesia terbaik di Dunia dan Regional Asia tahun 2016-2017 yakni:

  1. Universitas Indonesia (peringkat 325 Dunia, 67 Asia)
  2. Institut Teknologi Bandung (peringkat 401-410 Dunia, 86 Asia)
  3. Universitas Gadja Mada (peringkat 501-550 dunia, 105 Asia)
  4. Universitas Airlangga (peringkat 701+ dunia, 190 Asia)
  5. Institut Pertanian Bogor (peringkat 701+ Dunia, 231-240 Asia)
  6. Universitas Diponogoro (peringkat 701+ Dunia, 251-240 Asia)
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 701+ Dunia, 251-300 Asia)
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (peringkat 701+ Dunia, 251-350 Asia)
  9. Universitas Brawijaya (peringkat 701+ Dunia, 301-350 Asia)

Sedangkan berdasarkan kajian dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dilihat berdasarkan kualitas SDM, manajemen, kegiatan mahasiswa, penelitian dan publikasi. Berikut 10 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia tahun 2016 adalah:

  1. Institut Teknologi Bandung (itb.ac.id)
  2. Universitas Gadja Mada (ugm.ac.id)
  3. Institus Pertanian Bogor (ipb.ac.id)
  4. Universitas Indonesia (ui.ac.id)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (its.ac.id)
  6. Universitas Brawijaya (ub.ac.id)
  7. Universitas Padjadjaran (unpad.ac.id)
  8. Universitas Airlangga (unair.ac.id)
  9. Universitas Sebelas Maret (uns.ac.id)
  10. Universitas Diponogoro (undip.ac.id)

*wajib mencari tau keunggulan universitas yang anda pilih atau spesifiknya ke jurusan/fakultas.

Itulah rangking Perguruan Tinggi di Indonesia terbaik dilihat dari peringkat Dunia, Asia, dan Indonesia. Peminat perguruan tinggi yang disebutkan diatas tentunya dari tahun ketahun semakin tinggi dan ironisnya dari seluruh pendaftar hanya separuh yang diterima. Agar diterima di perguruan tinggi terbaik tersebut sebaiknya persiapkan diri anda sejak hari ini atau minimal 5 bulan sebelum seleksi dimulai.

Biasanya dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi dibagi menjadi 2 yakni seleksi untuk Vokasi/S1 bisa melalui pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri/lokal sedagkan untuk Pascasarjana (S2/S3) melalui jalur Mandiri yang dikelola oleh perguruan tinggi masing-masing.

Kali ini Gustinerz akan lebih banyak menjelaskan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi untuk Pascasarjana. Untuk seleksi ini hampir seluruh universitas menerapkan beberapa tahap (tergantung SPO masing-masing perguruan tinggi yang dipilih) diantanya tahapanya adalah

Seleksi Berkas

Berkas-berkas harus disiapkan sesuia dengan persyaratan yang ada. Sepertinya seluruh perguruan tinggi terbaik diatas sudah menerapkan pendaftaran online bisa diakses di website masing-masing universita tersebut. Biasanya vital yang harus disiapkan dan semuanya dalam bentuk softcopy/file adalah:

  • Identitas diri (e-KTP/Pasport)
  • Ijazah terakhir
  • Praproposal (siapkan sejak sekarang mau meneliti apa dalam tesis/disertasi nanti)
  • Surat Tugas/Izin (bagi yang sudah bekerja)
  • Sertifikat Toefl
  • Surat Rekomendasi (mintalah rekomendasi dari Atasan/Dekan/Rektor/Organisasi)
  • Dll

Tes Potensi Akademik/TPA

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu jenis tes yang banyak digunakan dalam menyeleksi calon mahasiswa. TPA berfungsi untuk mengetahui, mengukur serta menilai kemampuan akademik seseorang yang meliputi tes kemampuan bahasa, matematika, logika, maupun visual spasial. Tes TPA dilaksanakan di Perguruan Tinggi masing-masing.

Sudah tau fungsi TPA kan? jadi sekarang waktu untuk mencari buku-buku TPA untuk melatih anda menjawab soal-soal yang sering muncul pada TPA ini sangat membantu.

Tes Bahasa Inggris / Toefl

Toefl menjadi salah satu tes karena hampir seluruh referensi yang digunakan mahasiswa pascasarjana adalah berbahasa inggris. Banyak orang yang kurang percaya diri dengan bahasa inggris mereka yang membuat putus asa untuk melanjutkan pendidikan tinggi diperguruan tinggi tersebut karena nilai toefl minimal 450 keatas.

Untuk meningkatkan bahasa inggris anda silahkan mengunjungi Pusat Bahasa yang tersedia disetiap kampus/universitas untuk mencoba sejauh mana nilai toefl anda bila kurang dari 450 silahkan kursus atau bisa memilih metode belajar online khususnya dichanel youtube tentang bagaimana cara memecahkan soal-soal toefl. KUNCINYA BELAJARLAH DARI SEKARAN, KALAU GAGAL COBA LAGI…. 🙂

Tes Wawancara

Untuk lulus dalam tes ini anda harus percaya diri dengan kemampuan yang anda miliki. Jika anda berasal dari daerah ceritakan kekurangan daerah anda sehingga memotivasi anda untuk melanjutkan Studi di Universitas yang anda pilih (sebelumnya, sebaikanya anda suda membaca keunggulan jurusan yang anda pilih dan mengapa harus di perguruan tinggi tersebut).

Ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu siapa pewawancara (setiap orang berbeda/unik) maka dari itu ketika melihat daftar pengumuman siapa yang akan mewawancari anda maka anda harus mengakses Google tulis namanya dan dijamin profil pewawancara tersebut akan ditemukan, ini berguna untuk anda dalam berkomunikasi nanti bersama pewawanca dan ini ada nilai plus bagi anda dari pewawancara karena sudah tau siapa dirinya.

Penampilan memang bukan faktor utama tapi menjadi faktor pendukung untuk anda sebaikanya berpenampilan bersih dan rapi.

Doa dan Ridho Orang Tua

Jangan sepelahkan tahap ini. Anda sudah berusaha yang maksimal tentunya wajib berdoa dan minta restu kedua orang tua.

Menyiapkan Diri Masuk Perguruan Tinggi Nasional Terbaik
Tag pada:        
shares