Gustinerz.com – KESEHATAN | Manusia tidak luput dari aktivitas sehari-hari yang melibatkan sebagian besar organ-organ tubuh misalnya otot. Aktifitas manusia ditunjang dengan kebutuhan energi tubuh.

Untuk mendapatkan energi tubuh (ATP) dilakukan dengan dua cara oleh tubuh menggunakan oksigen / udara, dan menggunakan non oksigen / tanpa udara. atau dalam hal ini bahasa ilmiahnya (Aerob/menggunakan oksigen sedangkan anaerob/tidak menggunakan osigen). Sumber dari energi berasala dari glukosa/karbohidrat.

Ketika manusia melakukan aktifitas normlanya proses pengambilan energi dengan aerob atau menggunakan oksigen, namun dengan aktifitas tubuh yang berat tanpa pasokan oksigen yang cukup memaksa otot mengambil energi yang disimpan dalam tubuh. Karena proses anaerob berlangsung di otot maka asam laktat akan terakumulasi sehingga menimbulkan rasa capai. Normalnya tubuh membutuhkan 30-60 menit untuk membersihkan asam laktat.

Jika rasa capai belum juga redah/hilang maka ada beberapa tindakan yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan asam laktat dalam otot tersebut diataranya

1. Merenggakan otot yang tegang

2. Memijat-mijat otot yang pegal

3. Mengkompres dengan air hangat (untuk melacarkan sirkulasi darah)

4. Minum air banyak untuk mengganti elektrolit atau mineral yang hilang

 

Gustinerz: informasi didapatkan dari berbagai sumber di media onlien

 

Penumpukan Asam Laktat Penyebab Terjadinya Pegal Otot
Tag pada:            

Tinggalkan Komentar

shares