nokiaGustinerz.com | Pada masa keemasannya Nokia yang merupakan Ponsel dengan penjualan nomor 1 di dunia pada tahun 2000an akhirnya dilepas ke Microsoft, hal ini dikarenakan menurungnya pangsa pasar Nokia akibat bermunculan ponsel-ponsel High-end yang telah menguasai pasa ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS (Apple).

Nokia baru saja diakuisisi oleh Microsoft seharga Rp. 79 triliun, sungguh ironi harga ini, melihat aset yang dimiliki Nokia, padahal, pada saat berjaya mereka pernah menguasaiĀ  40% pasar ponsel dunia. Mereka pernah menyumbang seperlima ekspor Finlandia. Waktu itu nilai pasar Nokia mencapai US$ 300 Miliar (Rp. 3.300 triliun) atau lebih dari 70 kali lipat harga yang dibayar Microsoft sekarang (dikutip majalah detik.com)

Tahun 2010 Nokia merekrut orang non Finlandia untuk menjadi CEO yaitu Stephen Elop (mantan bos Divisi Software bisnis Microsft). Di kepemimpinan Stephen Elop penjualan Nokia terus menurun, hal ini dikarenakan kemunculan iPhone (Apple) dan ditambah lagi munculnya Ponsel-ponsel pintar yang menggunakan OS Android, Namun Stephen Elop enggan menggunakan OS Android, ia lebih memilih menggunakan OS Windows Phone yang justru tidak menaikan popularitas Nokia.

Kondisi Nokia saat ini rugi beberapa tahun, sudah mengurangi belasan ribu karyawan, meski penjualasan masih cukup besar, tapi sebagian besar ponsel murah yang labanya kecil, buka smartphone yang untungnya besar. <back to beranda

Ponsel Sejuta Umat (NOKIA), Dibeli Murah Microsoft!
Tag pada:        

Tinggalkan Komentar

shares