Catatan Kuliah Manajemen Kesehatan

Gustinerz.com | Dalam membuat suatu kegiatan atau progam tetunya kita mesti mempunyai konsep atau perencanaan dari kegiatan atau program kesehatan yang kita akan laksanakan. Perencanaan yang baik menentukan keberhasilan dari program kesehatan yang kita akan terapkan.

Berikut tahap-tahap proses perencanaan dalam melaksanakan program kesehatan:

1. Identifikasi Masalah: perlunya mengidentifikasi masalah untuk menentukan masalah-masalah yang ada dikalangan masyarakat. masalah-masalah tersebut sangat banyak sekali maka dari itu perlu klasifikasi.

2. Menentukan Prioritas Masalah: setelah mendata atau melakukan survei langsung dimasayarakat tentang berbagai masalah kesehatan tentunya kita menklasifikasi masalah-masalah yang ada dan menentukan prioritas masalah

3. Menetapkan Tujuan: setelah menetapkan prioritas masalah yang ada tentunya kita menetapkan tujuan dari masalah tersebut.

4. Menetapkan perencanaan kegiatan: perencanaan diharuskan sesuai konsep lingkup dari kegiatan yang akan dilaksnakan atau tidak melenceng dari tujuan kegiatan

5. Sasaran: dalam hal ini menetukan sasaran kegiatan atau program kesehatan tersebut misalnya sasarannya adalah para ibu hamil (jika kegiatannya mengenai penurunan KIA)

6. Waktu: kapan dilaksanakan program atau kegiatan tersebut

7. Organisasi: siapa yang melaksanakannya atau panitia pelaksana

8. Anggaran: anggaran haruslah disesuai dengan keperluan program atau kegiatan tidak boleh melebih-lebihkan

9. Evaluasi: mengevaluasi persiapan kegiatan atau program.

 

Proses Perencanaan Dalam Melaksanakan Program Kesehatan
Tag pada:        

Tinggalkan Komentar

shares