Mesin Pencari JurnalGustinerz.com | Sebagai seorang pelajar, mahasiswa, dosen, guru, profesionalainya atau seluruh lapisan masyarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pertumbuhanya sangat signifikan, jika tidak maka akan semakin ketinggalan.

Kemunculan teknologi ponsel pintar (Smart Phone) merubah kebiasaan manusia dalam menambah pengetahuan atau mencari informasi, misalnya saja dalam mencari berita saat ini tidak perlu membeli koran atau mencari buku/riset terbaru cukup membuka smart phone/laptop kita sudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Fenomena ini memaksa perusahaan surat kabar membuat website/aplikasi online (misalnya kompas.com, detik.com, dll) dan perpustakaan-perpustakaan yang ada membuat e-library.

Sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media e-Library ini untuk meningkatkan publikasi ilmiah internasional misalnya terindeks oleh Scopus, Ebsco, dll. Hal ini juga untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam mengakses informasi, namun untuk mengakses e-library tersebut harus melalui jaringan kampus yang telah bekerja sama dengan e-Library internasional tersebut artinya tidak semua kalangan dapat mengaksesnya.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) tidak mau ketinggalan dengan fenomena ini sehingga untuk meningkatkan pengetahuan/mencerdaskan kehidupan bangsa maka PNRI meluncurkan website/aplikasi e-Resources dimana kita bisa mengakses perpustakaan sumber elektronis dari Proquest, ALA Publishing, Gale, Cengage Learning, @My Library, Sage, Ulrichs – Periodicals Directory, EBSCO Host, Westlaw, ISEAS & IGI Global. Keanggotaan PNRI adalah semua lapisan masyarakat yang terpenting memiliki kartu identitas (KTP).

Untuk mengakses website search engine atau e-library diatas anda perlu

  1. Mendaftar di http://keanggotaan.pnri.go.id/ (siapkan kartu identitas/KTP) mengisi formulir yang ada, mendaftar dan anda akan mendapatkan nomor keanggotaan PNRI.
  2. Kemudian masuk ke http://e-resources.perpusnas.go.id/ username adalah nomor keanggotaan PNRI dan password sesuai dengan yang anda masukan dalam pendaftaran.
  3. Silahkan memilih search engine yang ada atau langsung memilih ProQuest dan mencari informasi yang anda inginkan.

Selamat mencoba… 🙂

 

Search Engine (Mesin Pencari) Khusus Publikasi Ilmiah
shares