gustinerz.com | Mahasiswa dan praktisi keperawatan pasti sudah tau dan sudah tak asing lagi dengan NANDA (North American Nursing Diagnosis Association), hal ini karena NANDA merupakan badan formal inernational yang mempunyai hak untuk menentukan standar diagnosa keperawatan di seluruh dunia.

Tetapi mayoritas dari kita belum mengetahui asal usul atau sejarah didirikannya NANDA (North American Nursing Diagnosis Association).

Gustinerz.com akan mencoba mengulas sejarah atau asal-usul didirikannya NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) yang gustinerz.com himpun dari beberapa media online dan buku-buku asuhan keperawatan.

Pada tahun 1973, American Nurses Association (ANA) mendatangkan penggunaan diagnosis keperawatan. Pada tahun yang sama, para klinisi, pendidik, peneliti, dan teoritikus dari beragam area praktik keperawatan berkumpul bersama untuk mengajukan daftar judul untuk kondisi yang mereka observasi dalam praktik keperawatan. Sejak saat itu NANDA  (North American Nursing Diagnosis Association) didirikan sebagai badan formal untuk meningkatkan, mengkaji kembali, dan mengesahkan daftar terbaru diagnosis keperawatan yang digunakan oleh perawat praktisi. (Buku Saku Diagnosis Keperawatan. NANDA, NIC, NOC edisi 9, 2012)

NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) yang sekrang disebut NANDA International (nama tersebut digunakan tahun 2002) merupakan organisasi profesional perawat standar keperawatan terminologi yang secara resmi didirikan pada tahun 1973 dan berkembang, penelitian, menyebarluaskan dan memurnikan nomenklatur, kriteria, dan taksonomi dari diagnosis keperawatan (http://en.wikipedia.org/wiki/NANDA).

NANDA  (North American Nursing Diagnosis Association) mengembangkan klasifikasi keperawatan untuk mengatur diagnosis keperawatan ke dalam kategori yang berbeda. Meskipun taksonomi direvisi untuk mengakomodasi diagnosa baru, pada tahun 1994 menjadi jelas bahwa sebuah perombakan diperlukan. Pada tahun 2002 Taksonomi II, yang merupakan versi revisi dari Gordon pola fungsional kesehatan , dirilis.

Pada tahun 2002, NANDA menjadi NANDA Internasional dalam menanggapi permintaan dari basis pertumbuhan keanggotaan dari luar Amerika Utara. Akronim dari NANDA dipertahankan dalam nama karena pengenalan nama, tetapi tidak lagi semata-mata “Amerika Utara”, dan bahkan menawarkan anggota dari 32 negara pada 2010. NANDA International saat ini dipimpin oleh Dr Jane Brokel. << Back to Beranda

 

Sejarah Berdirinya NANDA (North American Nursing Diagnosis Association)
Tag pada:            

Tinggalkan Komentar

shares