Tips Berburu Tiket Pesawat Murah (Mahasiswa Perantau Wajib Baca!)

Gambar: The Balance

Gustinerz.com | Salah satu masalah yang membuat banyak orang enggan menggunakan pesawat sebagai alat transportasinya adalah harga tiketnya yang sangat mahal dibandingkan dengan transportasi lainya. Persoalan inilah yang membuat banyak orang khususnya para mahasiswa perantau lintas pulau jarang pulang (kayak lagu aja yah 🙂 ) termasuk juga yang punya blog ini.. hehehe.

Namun Alhmadulillah sejak studi di Surabaya setahun ini, Gustinerz menemukan cara/tips berburu tiket murah (lebih murah dibandingkan membeli di tour & travel yah), ini dia tipsnya.

  1. Gunakan Aplikasi Android atau IOS (Iphone)

Tentunya saat ini kita memiliki gadget/smartphone Android dan Iphone, silahkan didownload aplikasi untuk pemesanana jasa transportasi. Saat ini yang paling populer adalah Traveloka. Saya sendiri setia menggunakan traveloka hal ini karena kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dan BANYAK PROMONYA LOH. Pengalaman Gustinerz traveloka selalu memberikan promo tiket diskon rentang Rp. 100.000 – Rp. 200.000 setiap memesan diaplikasi ini (bagi mahasiswa angka ini cukup menghemat, bisa buat makan 3 hari 🙂 ).

Ketika Gustinerz membandingkan harga tiket yang ditawarkan di website resmi maskapai itu berbeda dengan harga yang ditawarkan traveloka rentangnya sampai Rp. 300.000 – Rp. 500.000 (sangat jauh berbeda).

Selain traveloka ada juga beberapa aplikasi yang saat ini bermunculan menawarkan jasa pemesanan tiket pesawat contohnya Indonesia Fligh, misteraladin, dll (maaf yah, tidak bisa review aplikasi itu karena belum pernah pesan tiket via aplikasi lain selain traveloka).

Keunggulan lainnya menggunakan aplikasi ini adalah tidak perlu membawa kertas tiket (biasanya didapat jika membeli tike di tour & travel), anda hanya perlu memperlihatkan pesanan/tiket yang telah diterbitkan dan dicek untuk kode bookingnya.

2. Pesan Tiket Lebih Awal

Ini sangat penting jika kamu memesan tiket di aplikasi online (rekomendasi gunakan traveloka). Untuk pemesanan tiket sebaiknya dilakukan 1 bulan atau paling maksimal dipesan 2 minggu sebelum keberangkatan. Jika anda memesan 1 minggu sebelum keberangkatan pasti harga tiketnya melonjak.

Jadi kita sebagai mahasiswa kan punya kalender akademik (yang harus diikuti) sehingga jadwal keberangkatan balik ke kemapung halaman terjadwal jadi ada baiknya pesan tiket lebih awal. Lebih penting juga pesan tiket dihari kerja misalnya Senin-Jumat pada hari Sabtu & Minggu (weekend) biasanay tiketnya sedikit lebih mahal.

Pengalaman Gustinerz jika kita memesan 1 minggu sebelum keberangkatan harga tiket yang sebelumnya Rp. 1.000.000 bisa saja menjadi Rp. 1.700.000.

3. Rajinlah Mencari Promo Tiket Pesawat

Untuk mendapatkan tiket murah rajin-rajin browsing tiket promo yang biasanya ditawarkan oleh maskapai penerbangan. Biasanya promo akan ditawarkan jika sedang memperingati hari-hari besar, misalnya peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, Hari jadi maskapai, dan hari-hari besar lainya, ingat hari besar ini DIKECUALIKAN menyambut hari raya bukan dapat promo tapi tiketnya pasti melonjak.

Khusus diaplikasi traveloka ada banyak penawaran promo yang ditawarkan melalui aplikasi itu, jadi bagi mahasiswa wajib hukumnya mendownload aplikasi tersebut jika ingin dapat tiket murah.

Cukup tiga tips ini yang Gustinerz bagikan kepada kamu-kamu berstatus mahasiswa perantau, semoga bermanfaat. < Beranda