Arti Logo Lingkaran Pada Kemasan Obat

ilustrasi | ©Mishpacha Magazine

Ketika sakit hampir dipastikan kita mengonsumsi obat-obatan untuk meringankan rasa sakit yang kita diderita. Obat adalah produk kesehatan yang menjadi pilihan atau banyak digunakan oleh masyarakat. Obat digunakan untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan juga menyembuhkan sakit.

Setiap obat punya manfaat, namun juga memiliki efek samping yang merugikan. Oleh karena itu gunakanlah obat sesuai dengan aturan pakai. Obat saat ini sangat mudah dan banyak dijumpai di warung atau toko, akan tetapi tidak semua orang mengetahui bahwasanya obat memiliki jenis atau kategori tertentu.



Masyarakat harus tahu jenis-jenis obat sebelum dikonsumsi, maka dari itu setiap kemasan obat terdapat informasi tentang obat tersebut. Jika kita perhatikan dengan benar pada kemasan obat terdapat logo lingkaran yang memiliki warna berbeda. Logo lingkaran pada obat tersebut merupakan identitas golongan obat yang terdiri dari Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, Obat Keras, Obat Narkotika, Obat Tradisional/Jamu, Obat Herbal Terstandar, dan Obat Fitofarmaka.

©BPOM

Obat Bebas

Simbol hijau dengan lingkaran hitam. Jenis obat yang tergolong bebas yang berarti obat ini dapat jual atau beli tanpa batasan, namun dalam kemasan tetap terdapat petunjuk penggunaan obat. Salah satu contoh jenis obat ini adalah Panadol Extra.

Obat Bebas Terbatas

Simbol biru dengn lingkaran hitam. Jenis obat yang dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter, namun jenis obat ini tergolong obat keras karena kandungan dalam obat (perlu dibaca dengan benar penggunaannya). Contohnya obat untuk influenza.

Obat Keras

Dengan Simbol K dalam lingkaran merah obat ini tergolong obat keras dan psikotropika. Jenis obat ini memerlukan resep dokter. Obat ini juga dapat dengan mudah dijumpai namun sangat berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Obat Narkotika

Obat jenis ini tergolong paling berbahaya. Narkotika adalah obat-obatan berasal dari tanaman ataupun tidak baik berupa sintesis maupun semi sintetis. Obat jenis ini sangat dibatasi dalam pembeliannya.

Jamu

Simbol dengan lingkaran hijau di dalam terdapat sebuah pohon. Jamu adalah obat tradisional yang disediakan secar tradisional, misalnya dalam bentu serbuk seduhan, pil, dan cairan. Jamu termasuk obat tradisional yang dibuat dari bahan atau ramuan dari tumbuhan, hewan atau mineral.

Obat Herbal Terstandar

Lingkaran hijau dengan simbol tiga bintang. Obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau penyaringan bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, binatang atau mineral.

Fitofarmaka

Lingkaran hijau di dalam terdapat gambar seperti salju. Merupakan bentuk obat tradisional dari bahan alam yang dapat disejajarkan dengan obat moderen karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia. Obat ini dapat digunakan profesi medis pada pelayanan kesehatan.


Sumber: