Tenaga Kesehatan: Kami Tetap Bekerja Demi Anda, Tolong Anda Tetap di Rumah Demi Kami

Gambar: Akun Facebook Vica Octavia Lasulika, Farny Djamalu, Yayasan An-Nashr, Fauzia Rahmah

Gustinerz.com | Tenaga kesehatan (dokter, perawat, dan tenaga lainnya) merupakan garda terdepan dalam usaha penanggulangan wabah virus corona (COVID-19) yang telah menginfeksi masyarakt Indonesia sejak tanggal 2 Maret 2020.

Saat ini (18 Maret 2020, pukul 19.00) kasus COVID-19 di Indonesia telah mencapai 309 orang positif COVID-19, 15 orang sembuh dan 25 orang meninggal. Jika dirata-ratakan setiap hari di Indonesia ada 16-17 orang yang positif COVID-19 (2-18 Maret 2020).



Pemerintah Pusat dan Daerah terus berupaya dalam penanggulangan wabah COVID-19, salah satu himbauan pemerintah adalah masyarakat dapat menerapkan social distancing yang merupakan strategi kesehatan publik yang direkomendasikan untuk mencegah, melacak dan menghambat penyebaran virus. 

Caranya dengan menjaga jarak dengan mereka yang sedang sakit. Termasuk tidak menghadiri pertemuan dengan jumlah banyak orang seperti konser, festival, konferensi, atau acara olahraga. Tujuannya agar virus tersebut tidak tertular ke orang yang sehat. WHO merekomendasikan masyarakat harus menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain ketika berinteraksi dan jangan bersentuhan.

Social distancing tentunya tidak berlaku buat tenaga kesehatan yakni dokter, perawat dan tenaga lainnya yang tetap bekerja dan memberikan pelayanan kesehatan ditengah wabah COVID-19. Hal inilah yang mendasari tenaga kesehatan ramai-ramai membuat pesan dalam secarik kertas “kami tetap bekerja demi anda, tolong anda tetap di rumah demi kami” yang dipublish dalam akun media sosial mereka.

Pesan ini mendukung adanya gerakan social distancing demi pengurangan penyebaran infeksi COVID-19 sehingga jumlah orang sakit berkurang dan memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan untuk dapat membantu secara optimal kesembuhan orang yang sakit akibat COVID-19 di rumah sakit agar segera pulih kembali dan tentunya mencegah bertambahnya orang dengan positif COVID-19.

Kita berdoa, semoga para pahlawan tenaga kesehatan ini tetap dalam keadaan sehat dan ikhlas dalam menolong pasien-pasien di fasilitas pelayanan kesehatan.