Masjidil Haram, Mekkah | ©Liputan6

Tahukah anda bangunan termahal di dunia ini apa? jawabanya adalah Masjidil Haram di Makkah, Saudi Arabia. Masjidil Haram dinobatkan sebagai bangunan termahal di dunia saat ini. Pembangunan masjidil haram termasuk biaya renovasi hingga saat ini diperkirakan telah menghabiskan dana sebesar $100 miliar atau Rp. 1.400 triliun.

Masjidil haram beridiri sejak 638 Masehi merupukan salah satu tempat tersuci umat muslim di dunia. Masjid ini bisa menampung lebih dari 4 juta orang/jamaah. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi dan perluasan hingga yang kita saksikan saat ini renovasi dan pembangunan masih terus berlangsung, hal ini dilakukan guna menampung banyak jamaah saat musim haji dan tentunya untuk kenyamanan saat beribadah.

Selain Masjidil haram, inilah bangunan termahal lainnya di dunia yang telah dibangun.



2. Abraj Al-Bait, Makkah Arab Saudi. Bangunan ini menghabiskan dana $16 miliar (>Rp. 220 triliun). Abraj Al-Bait bangunan yang terletak di kompleks masjidil haram Kota Mekkah. Bangunan ini difungsikan sebagai pusat perbelanjaan, ruang konferensi dan hotel. Hasil keuntungan, secara unum digunakan untuk operasional masjidil haram.

Abraj Al-Bait | Fandom

3. Marina Bay Sands Singapura. Bangunan ini merupakan salah satu ikonik di Singapura. Marina Bay Sands salah satu proyek dengan nilai investasi termahal di dunia saat ini yang mencapai $8 miliar (sekitar Rp. 56 triliun). Bangunan ini adalah Hotel dengan kapasitas 2.561 kamar.

Marina Bay Sand | Befreetour

4. Apple Park, bisa dibilang salah satu kantor sebuah perusahan paling mahal dan futuristik yang saat ini ada di dunia. Dari namanya saja kita pasti tahu ini merupakan office dari raksasa teknologi dunia saat ini yakni Apple Inc. Apple Park terletak di California, USA. Saat ini merupakan salah satu proyek dengan investasi terbesar di dunia yang mencapai $5 miliar (sekitar Rp. 70 triliun). Desain Apple Park sangat berbeda dari sebuah bangunan kantor/office pada umumnya, desain ini telah dibuat oleh pendiri perusahan ini yakni mendiang Steve Jobs

Apple Park | holcimfoundation

5. The Cosmopolitan, Las Vegas Amerika Serikat dengan total nilai investasi sebesar $4,4 miliar (sekitar Rp. 60 triliun)

6. One orld Trade Center. Salah satu bangunan paling ikonik di pusat Kota New York, Amerika Serikat. Total biaya pembangunannya mencapai $4,1 miliar (sekitar Rp 58 triliun)

7. Place Of The Parliament, Romania bisa dibilang menjadi bangunan milik publik termahal saat ini. Total pembangunannya mencapai $3,9 miliar (sekitar Rp. 55 triliun)

8. Emirates Palace, UEA total investasi mencapai $3.8 miliar (sekitar Rp. 53 triliun)

9. Wynn Resort, Las Vegas total investasi biaya pembangunan mencapai $3.4 miliar (sekitar Rp. 48 triliun)

10. Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam menjadi bangunan termahal peringkat ke-10 di dunia saat ini, dengan total biaya pembangunan mencapai $3,3 miliar (sekitar Rp. 46 triliun).