Gambar: freepik

Literature review/tinjauan literatur adalah tinjauan komprehensif dari penelitian sebelumnya tentang topik tertentu. Literature review bertujuan untuk mengembangkan informasi pengetahuan yang telah diteliti sebelumnya. Dalam bidang kesehatan literature review berfungsi untuk mencari bukti ilmiah terkait penatalaksanaan tindakan perawatan yang akan dilakukan kepada individu, keluarga atau masyarakat.

Literature review berbeda dengan penelitian akademik. Pada penelitian akademik peneliti mengembangkan argumen baru, di dalam penelitian akademis terdapat literature review sebagai pondasi/latar belakang penelitian itu dilakukan, sementara literature review berfokus untuk merangkum dan mensistesis argumen dan ide orang lain tanpa menambahkan kontribusi baru.



TAHAPAN LITERATURE REVIEW

Memilih topik yang akan direview

Tugas pertama reviewer dalam menyusun literature review adalah memilih topik. Sering kali memilih topik sulit untuk dilakukan karena kurang pengetahuan reviewer terkait topik yang dipilih. Untuk itu reviewer perlu menambawah pengetahuan tentang topik yang akan dipilih dan mengidentifikasi topik tersebut serta dapat berkonsultasi dengan ahli/pakar terkati topik yang dipilih.

Contoh topik yang dipilih: manajemen stres pada keluarga pasien ICU

Mencari jurnal atau artikel.

Jurnal yang digunakan dalam literature review sebaiknya berasal dari sumber atau database yang terpercaya, misalnya Scopus, Sciendirect, Ebsco, dll. Sumber yang jelas menjadi salah satu penilaian dari kualitas penelitian literature review atau systematic review. Artikel yang dipilih wajib relevan dengan topik yang ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga:

Menganalisis dan mensintesis literatur

Setelah mengumpulkan artikel yang ingin digunakan, tahap selanjutnya adalah melakukan analisis masing-masing artikel (memecahkan dan mengidentifikasi informasi penting di dalamnya) dan kemudian mensintesis semua artikel yang didapat (mengintegrasikan dan mengidentifikasi kesimpulan yang dapat diambil dari semua artikel). Untuk mempermudah analisis artikel yang telah terkumpul masukan kedalam tabel (lihat tabel dibawah).

Tabel Karakteristik artikel/studi

Author & TahunTujuanMetodeSampelHasil
Contoh:

A family nursing educational intervention supports nurses and families in an adult intensive care unit (Eggenberger and Sanders, 2016)

 

 

contoh:

Untuk menganalisis pengaruh intervensi pendidikan pada sikap dan kepercayaan diri perawat dalam memberikan perawatan keluarga pasien di ruang ICU

 

contoh: RCT, Pilot study, Systematic review, dll

 

 

 

Terdiri dari……

 

Contoh:

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pendidikan oleh perawat kepada keluarga berdampak pada koping keluarga pasien yang terganggu akibat perawatan yang dialami pasien. Sehingga kebutuhan akan pendidikan oleh perawat dibutuhkan oleh keluarga guna mengatasi masalah koping yang dialaminya.

Tahap akhir penilaian adalah menulis ringkasan singkat dari masing-masing artikel termasuk pemikiran utama dan kekuatan dan kelemahan artikel.

Format penulisan literature review