Gambar: freepik

Literature review/tinjauan literatur adalah tinjauan komprehensif dari penelitian sebelumnya tentang topik tertentu. Literature review bertujuan untuk mengembangkan informasi pengetahuan yang telah diteliti sebelumnya. Dalam bidang kesehatan literature review berfungsi untuk mencari bukti ilmiah terkait penatalaksanaan tindakan perawatan yang akan dilakukan kepada individu, keluarga atau masyarakat.

Literature review berbeda dengan penelitian akademik. Pada penelitian akademik peneliti mengembangkan argumen baru, di dalam penelitian akademis terdapat literature review sebagai pondasi/latar belakang penelitian itu dilakukan, sementara literature review berfokus untuk merangkum dan mensistesis argumen dan ide orang lain tanpa menambahkan kontribusi baru.



TAHAPAN LITERATURE REVIEW

Memilih topik yang akan direview

Tugas pertama reviewer dalam menyusun literature review adalah memilih topik. Sering kali memilih topik sulit untuk dilakukan karena kurang pengetahuan reviewer terkait topik yang dipilih. Untuk itu reviewer perlu menambawah pengetahuan tentang topik yang akan dipilih dan mengidentifikasi topik tersebut serta dapat berkonsultasi dengan ahli/pakar terkati topik yang dipilih.

Contoh topik yang dipilih: manajemen stres pada keluarga pasien ICU

Menganalisis dan mensintesis literatur

Setelah mengumpulkan artikel yang ingin digunakan, tahap selanjutnya adalah melakukan analisis masing-masing artikel (memecahkan dan mengidentifikasi informasi penting di dalamnya) dan kemudian mensintesis semua artikel yang didapat (mengintegrasikan dan mengidentifikasi kesimpulan yang dapat diambil dari semua artikel). Untuk mempermudah analisis artikel yang telah terkumpul masukan kedalam tabel (lihat tabel dibawah).

Tabel Karakteristik artikel/studi

Author & TahunTujuanMetodeSampelHasil
Contoh:

A family nursing educational intervention supports nurses and families in an adult intensive care unit (Eggenberger and Sanders, 2016)

 

 

contoh:

Untuk menganalisis pengaruh intervensi pendidikan pada sikap dan kepercayaan diri perawat dalam memberikan perawatan keluarga pasien di ruang ICU

 

contoh: RCT, Pilot study, Systematic review, dll

 

 

 

Terdiri dari……

 

Contoh:

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pendidikan oleh perawat kepada keluarga berdampak pada koping keluarga pasien yang terganggu akibat perawatan yang dialami pasien. Sehingga kebutuhan akan pendidikan oleh perawat dibutuhkan oleh keluarga guna mengatasi masalah koping yang dialaminya.

Tahap akhir penilaian adalah menulis ringkasan singkat dari masing-masing artikel termasuk pemikiran utama dan kekuatan dan kelemahan artikel.

Format penulisan literature review

Abstrak

Abstrak harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidak lebih dari 250 kata, diformat dalam singlespace, dan hanya satu paragraf). Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Catatan kaki, referensi, dan singkatan tidak digunakan dalam abstrak. Abstrak dalam literature review harus terdiri dari “Pendahuluan:”, “Tujuan:”, “Metode:”, “Hasil:” dan “Kesimpulan:” diketik dengan huruf tebal dalam satu paragraf.

Kata kunci

Berisi 3-5 kata dan/atau frase dan harus ditulis di bawah abstrak. Kata kunci harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat sesuai dengan standar ilmiah.

Pendahuluan

Mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dari literature review dan manfaat penelitian. Pendahuluan dalam literature review mengikuti topik utama yang ditulis dan gambaran umum topik yang akan dibahas. Secara umum pendahuluan mencakup latar belakang masalah, tujuan mengulas tema/topik yang dipilih dan ringkasan (ikhtisar) dari masalah.

Metode

Jelaskan bagaimana prosedur pencarian sumber (buku, artikel ilmiah, dll) termasuk tools yang digunakan, search engine, keyword yang dicari sehingga dipilih beberapa artikel yang diulas. Metode terdiri dari. Metode harus mencakup desain penelitian, kriteria screening jurnal, dan strategi mencari jurnal. Perhatikan diagram prima dibawah ini

Hasil

Berisi hasil penelusuran sumber artikel yang digunakan yang dimasukan dalam tabel karakteristik studi (lihat lampiran), setelah itu dijelaskan satu persatu artikel yang digunakan dalam literature review

Diskusi/pembahasan

Menjelaskan detail subjek yang dibahas atau penjabaran dari hasil, tidak mengulangi hasil, bagaimana literature review yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, serta perbedaan dan kesamaan-kesamaan dengan studi sebelumnya. Bagian ini harus mencakup kelebihan, kekurangan dan kesimpulan dari hasil penelitian. Dalam pembahasan juga mencakup kelebihdan dan kekurangan artikel yang direview dan implikasi dalam praktik keperawatan.



Kesimpulan

Kesimpulan harus mencakup ringkasan temuan dari literature review. Ringkasan temuan yang menggambarkan kondisi (pengetahuan) saat ini dan menawarkan alasan untuk melakukan di masa depan.

Referensi

Pengelolaan referensi direkomendasikan (bila memungkinkan) menggunakan aplikasi (Mendeley, Ednote, dll). Referensi harus valid dan direkomendasikan mengandung 80% berasal dari publikasi jurnal dalam 10 tahun terakhir dan mengandung setidaknya 20% referensi primer (dari tesis, disertasi, dan dokumen lainnya).

Format sitasi artikel jurnal

  1. Eggenberger, S. K., & Sanders, M. (2016). A family nursing educational intervention supports nurses and families in an adult intensive care unit. Australian Critical Care, 29(4), 217–223. https://doi.org/10.1016/j.aucc.2016.09.002
  2. Adams, J. A., Anderson, R. A., Docherty, S. L., Tulsky, J. A., Steinhauser, K. E., & Bailey, D. E. (2014). Nursing strategies to support family members of ICU patients at high risk of dying. Heart & Lung: The Journal of Acute and Critical Care, 43(5), 406–415. https://doi.org/10.1016/j.hrtlng.2014.02.001

Format sitasi buku

  1. Adriani, M., Wirjatmadi, B. (2014). Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Penerbit Kencana

Format sitasi buku online

  1. Biro Pusat Statistik. (2013). Statistik Indonesia 2010. Jakarta, DKI: Penulis. Diakses dari http://www.bps.go.id/books/file/12345.pdf

Format sitasi Disertasi, Tesis online

  1. Liputo, G.P. (2018). Efektifitas mobilisasi progressif terhadap hemodinamik pasien kritis. Tersedia dari Repository Universitas Airlangga diakses pada tanggal 26/09/2019 url: http://repository.unair.ac.id/72371/

Surat Kabar atau majalah online

  1. Alam, S.O. (2020, April 23). 7 Tips Tetap Bugar Saat Harus di Rumah Saja. Detik Online. Diakses dari http://www.detik.com

Sumber:

  • https://www.researchgate.net/publication/311735510
  • https://www.researchgate.net/publication/263041369
  • Diolah dari berbagai sumber