Gambar: Tanoto Foundation

Tepat hari ini, 25 November 2022 diperingati sebagai Hari Guru Nasional Indonesia. Peringatan hari guru merupakan salah satu apresiasi kita kepada para Guru yang telah mendedikasikan dirinya kepada dunia pendidikan khususnya dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa Indonesia.

Lantas, tahukah kita mengapa 25 November ditetapkan sebagai hari guru?, Penetapan hari guru tidak lepas dari sejarah berdirinya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang lahir pasca Kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 24-25 November 1945 Para Guru mengadakan Kongres Pendidikan Bangsa yang diselenggarakan di Sekolah Guru Puteri, Surakarta, Jawa Tengah.



Melalui kongres itu, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku dihapuskan.

Dari Kongres tersebut lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia, sejak saat itu PGRI menjadi wadah perjuangan kaum Guru untuk turut serta menegakkan dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

Dari sejarah PGRI inilah, Pemerintah Indonesia menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 78/1994 menetapkan kelahiran PGRI 25 November ditandai dengan Hari Guru Nasional.


Referensi

  • Diolah dari berbagai media terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *