10 Website Berita Paling Banyak Diakses di Indonesia

Gambar: TX Digital

Gustinerz.com | Informasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat dalam menjalani aktivitasnya. Adanya internet mempermudah masyarakat mengakses informasi melalui website berita online melalui smartphone mereka.

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak website berita yang tersedia baik dalam skala nasional maupun daerah. Keberadaan website berita ini yang menyediaakan beragam informasi ini haruslah diikuti oleh kecerdasan masyarakat dalam menelaah atau kebenaran dari berita tersebut.

Berikut 10 website berita online di Indonesia yang paling banyak diakses masyarakat



Ranking website berita dibawah ini didasarkan dari alexa.com (diakses per 26/03/2020).

Okezone.com #1

Berada pada posisi pertama sebagai website berita paling banyak di akses di Indonesia. Okezone.com resmi diluncurkan (Commercial Launch) sebagai portal berita pada 1 Maret 2007. Okezone.com adalah anak perusahan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC).

Tribunnews.com #3

Website berita online ini sangat terkenal di Indonesia, hal ini karena memiliki kantor cabang disetiap provinsi di Indonesia. SITUS berita TRIBUNnews.com dikelola PT Tribun Digital Online, Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia (Group of Regional Newspaper)

Detik.com #5

Detik menjadi situs berita ke 3 diakses di Indonesia dengan ranking alexa.com pada posisi ke 5. Kategori dalam website berita ini sangat luas, terdapat 14 kategori berita. Detikcom juga memiliki jaringan media lainnya seperti CNN Indonesia, Beautynesia, dan lainnya.

Kompas.com #7

Kompas.com berada dibawa bendera perusahan Kompas Gramedia. Dengan tagline “jernih melihat dunia” menempatkan website berita ini berada pada posisi ke 7 website paling banyak diakses di Indonesia. Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online.

Liputan6.com #8

Berawal dari salah satu program berita di stasiun SCTV yang begitu populer membuat website ini paling banyak di akses di Indonesia pada posisi ke 8. Liputan6.com berdiri sejak Agustus 2000. Liputan6.com menjadi perusahan sendiri PT. Kreatif Media Karya anak perusahan EMTEK

Sindonews.com #9

Berada dibawah bendera yang sama dengan okezone.com yakni PT. MNC menempatkan sindonews.com berada pada posisi ke 9 website berita paling banyak diakses di Indonesia. SINDOnews merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada 4 Juli 2012.

Merdeka.com #12

Website dengan warna logonya yang nyentrik (warna-warni) berada pada posisi ke 12 website (berita) paling banyak dikses di Indonesia. Merdeka.com dibangun oleh perusahaan teknologi yang terdiri dari orang-orang yang mengerti PHP & Apache/FreeBSD lebih dulu daripada ilmu jurnalistik (dulunya).

Kumparan.com #13

Kumparan bisa dibilang menjadi pemain baru di dunia berita online, namun konten yang disediakan kumparan berbeda dari website-website lainya, yang membuat website ini diakses paling banyak dengan peringkat ke 13 di Indonesia.

Suara.com #14

Website yang lahir pada momentum pemilihan umum tahun 2014 ini mendapat banyak pelanggan. Website suara.com berada pada posisi ke 14 yang paling banyak diakses di Indonesia. Suara.com dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Idntimes.com #16

Website ke 10 yang paling banyak diakses di Indonesia adalah idntimes.com, dengan peringkat ke 16 website paling banyak diakses versi alexa.com. Idntimes merupakan bisnis yang dikelola oleh anak muda (milenial) Indonesia yang dapat bersaing dengan situs lainnya di Indonesia.

Itulah ke-10 website/situs berita online yang paling banyak diakses di Indonesia, sebetulnya masih banyak lagi website-website berita online yang juga banyak diakses di Indonesia, berikut diantaranya:

  1. Cnnindonesia.com #18
  2. Cnbcindonesia.com #22
  3. Tempo.co #26
  4. Viva.co.id #31
  5. Jppn.com #41
  6. Akurat.co #44
  7. Republika.co.id #49

Sumber:

  • https://www.alexa.com/topsites/countries/ID
  • Dihimpun dari berbagai sumber terpercaya