3 Jenis Menu yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

Gambar: freepik

Tak terasa hari ini (Jumat, 8 Mei 2020) sudah memasuki hari ke-15 puasa ramadan 1441 H. Ramadan kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah menganjurkan kita untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah (ibadah wajib maupun sunah) selama bulan ramadan, karena pandemi COVID-19. Tetap di rumah merupakan cara paling tepat untuk memutuskan penularan pandemi ini.

Selama lebih dari 14 jam kita akan berhenti makan dan minum sehingga kita harus memperhatikan makanan dan minuman saat berbuka maupun saat sahur. Berikut ini 4 jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa



Menu berbuka puasa harus didominasi oleh kayak akan cairan dan yang mengandung gula alami untuk energi.

  1. Minuman: air, susu, jus buah atau smoothie: jenis minuman ini dapat memberikan hidrasi yang baik bagi tubuh dan rendah kalori (tanpa gula tamabahan). Buah-buahan mengandung nutrisi dan gula alami.
  2. Buah kurma: mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa merupakan anjuran (sunah) Rasulullah. Berdasarkan hasil penelitian, kurma mengandung gula alami untuk energi, mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, tembaga dan magnesium. Kurma juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan manusia.
  3. Buah-buahan: jika tidak terdapat kurma, maka perlu disediakan buah alternatif lainnya. Buah memberikan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Setelah berbuka puasa, wajar kita untuk mengonsumsi makanan yang kita sukai, namun harus berhati-hati dengan kandungan lemak dan manis yang berlebihan yang dapat merugikan kesehatan kita. Untuk itu makan setelah berbuka puasa (setelah magrib atau isya) atau makan malam baiknya memilih makanan seimbang yakni mengandung karbohidrat (nasi/gandung), ikan/daging, sayur-sayuran, dan susu.


Sumber:

  • www.nutrition.org