6 Manfaat Kesehatan Makan Kurma Selama Ramadan

Gambar: freepik

Buah kurma menjadi salah satu buah paling dicari selama ramadan, karena buah ini memiliki keistimewaan sendiri di bulan suci. Sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW yang meminta setiap orang yang sedang menjalani ibadah puasa baiknya ia berbuka dengan kurma.

“Apabila salah seorang di antara kamu berbuka puasa, maka hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan, jika tidak ada kurma, maka mulailah dengan air, karena ia menyucikan” HR. Abu Dawud.



Anjuran rasulullah tentunya memiliki manfaat yang baik bagi manusia, sama halnya anjuran lainnya. Para peneliti telah menemukan bahwa makan kurma saat berbuka puasa memiliki manfaat kesehatan. Berikut diantaranya:

  1. Kurma dapat dicerna dengan mudah, sehingga tidak mengganggu perut orang yang sedang berpuasa
  2. Memulai buka puasa dengan makan kurma membuat kita cepat kenyang, sehingga terhindar dari makan yang berlebihan yang menimbulkan gangguan kesehatan seperti asam lambung meningkat (maag).
  3. Makan kurma setelah puasa selama seharian dapat menyiapkan perut kita untuk memulai mencerna makanan yang baik
  4. Buah kurma mengandung gula dan energi yang baik bagi tubuh yang memeberikan nutrisi bagi sel-sel otak dan saraf.
  5. Kurma dapat mencegah kita mengalami sembelit akibat perubahan pola makan selama puasa
  6. Kurma mengandung garam alkali yang berfungsi dapat menstabilkan keasamanan darah, sehingga mengonsumsi kurma dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes, asam urat, batu ginjal, radang kandung empedu, tekanan darah tinggi dan wasir.

Selain 6 manfaat kurma untuk kesehatan tersebut, kurma juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kurma mengandung serat tertentu yang dapat memperkuat rahim sehingga memudahkan wanita untuk melahirkan. Kandungan gula alami yang tinggi pada kurma baik untuk ibu menyusui.

Untuk itu, marilah kita mengikuti anjuran rasul untuk mengonsumsi kurma selama menjalankan ibadah puasa ramadan. Bukan cuman buahnya manis, namun juga memberikan manfaat bagi kesehatan kita.


Sumber:

  • musliminc.com
  • dari berbagai sumber online lainnya