Jenis Makanan yang Dianjurkan dan Perlu Dihindari saat Sahur

Gambar: freepik

Alhamdulillah kita telah dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan 1441 H / 2020 M, walaupun ramadhan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah telah menganjurkan kita untuk beribadah wajib dan sunah (tarawih/witir) selama ramadhan dilaksanakan sepenuhnya dirubah untuk memutus penularan virus corona (COVID-19).

Namun wabah covid-19 tentunya tidak akan mengurangi keberkahan dari bulan ramadhan (bulan penuh berkah). Dalam melaksanakan ibadah puasa tentunya kita harus melaksanakan santap sahur. Sahur adalah segala sesuatu yang dikonsumsi pada waktu sahur (menjelang subuh). Rasulullah SAW bersabda “makan sahurlah kalian karena dalam sahur ada berkah”.



Memilih bahan makan yang tepat untuk sahur sangatlah penting guna membantu stamina kita saat menjalankan puasa selama >12 jam dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terinfeksi segala macam kuman/penyakit. Berikut jenis-jenis makanan yang dianjurkan dan yang perlu dihindari saat sahur.

Makanan yang dianjurkan saat sahur

  1. Makanan kaya protein: Telur menjadi pilihan yang tepat karena kaya akan protein dan gizi, dan tentunya cara memasaknya sangat mudah.
  2. Makanan kaya serat: Oat meal merupakan makanan yang paling tepat saat kita akan menjalani puasa, hal ini karena serat dapat berubah menjadi gel dalam perut dan memperlambat pencernaan. Oat meal juga dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol dan glukosa darah. Pilihan lain makanan yang mengandung serat tentunya adalah sayur-sayuran.
  3. Makanan kaya kalsium & vitamin: Susu dapat membantu kita tetap berenergi saat berpuasa serta mencegah terjadinya dehidrasi.

Makanan yang perlu dihindari saat sahur

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan rafinasi: Donat merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan rafinasi. Kita perlu hindari saat sahur karena membuat tubuh lebih cepat terasa lapar.
  2. Garam yang berlebihan pada makanan: Kadar sodium yang tinggi akan membuat kita lebih mudah haus ketika menjalankan puasa, untuk itu kita kurangi garam berlebihan pada makanan.
  3. Kafein: Kopi dapat membuat kita cepat mengalami dehidrasi. Selain itu juga efek dari kafein mengarah ke insomnia. Maka baiknya kopi perlu kita hindari saat sahur.
  4. Makanan berminyak: saat berpuasa baiknya kita mengurangi konsumsi makanan berminyak hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan kita (meningkatkan asam lambung).

Sumber:

  • tribunnews.com
  • ayobandung.com
  • berbagai sumber online