Gambar: Screenshot App Mobile JKN

Ayo Manfaatkan Aplikasi Mobile JKN di Smartphone

Gustinerz.com | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (JKN-KIS) merupakan lembaga asuransi kesehatan terbesar di Dunia dengan peserta BPJS mencapai 180.772.917 orang (per 1 September 2017) dengan jumlah fasilitas kesehatan 26.971.

Akhir-akhir ini BPJS Kesehatan gencar mengampanyekan Aplikasi Mobile JKN yang sebenarnya sudah lama ada di Plasystore (Android). Update terbaru versi 1.7 aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang menurut saya sangat bermanfaat buat para peserta BPJS (tentunya Gustinerz sendiri sudah mencoba aplikasi ini sejak 2 bulan terakhir ini). Pengembangan aplikasi Mobile JKN ini merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Selain di Playstore (Android) aplikasi ini juga tersedia di iTune (Apple).

Baca Juga: Daftar Kasus Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Berikut fitur-fitur yang bisa dinikmati dan tentunya berguna untuk peserta

  1. Info BPJS: berisi informasi seputar pendaftaran, hak & kewajiban peserta, sanksi, dan fasilitas dan manfaat bagi peserta JKN-KIS
  2. Lokasi: mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehatan berdasarkan cabang dan lokasi terdekat. Kita akan dengan mudah menemukan kantor fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama dan tingkat lanjut yang bisa kita manfaatkan.
  3. Pembayaran: Berisi seputar tata cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang bisa dibayar melalui bank (yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) dan bebera aplikasi online lainya.
  4. CEK Virtua Akun (VA): Virtual akun berfungsi saat pembayaran iuran melalui bank-bank. Fitur ini mempermudah kita untuk mengetahui nomor VA kita (ingat!, satu keluarga satu nomor VA yah…)
  5. Skrining Riwayat Penyakit: Fitur ini bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan diri kita (bila kita menyetujui) kita akan diajukan beberapa pertanyaan tentang aktifitas yang mungkin mengganggu kesehatan kita.
  6. Kartu Peserta: Ini fitur yang paling saya suka. Disini kita dengan mudah memiliki kartu BPJS Kesehata secara virtual. Jadi ini bisa mempermudah kita untuk berobat ke faskes tanpa membawa kartu fisik BPJS Kesehatan (berguna kan?).
  7. Peserta: Disini terdapat daftar peserta BPJS Kesehatan yang satu virtual akun dengan kita (satu keluarga)
  8. Premi: Fitur ini menampilakn jumlah tagihan dan denda iuran BPJS Kesehatan kita.
  9. Catatan Pembayaran: menampilkan jumlah pembayaran iuran terkahir yang telah kita lakukan
  10. Pelayanan: menampilkan riwayat kunjungan kita pada faskes
  11. Ubah Data Peserta: Manfaat fitur ini mempermudah kita untuk mengubah bioada peserta kita. Contohnya merubah faskes tingkat 1 atau dokter gigi, namun ini hanya berlaku 3 bulan sekali.
  12. Pendaftaran Peserta: Dengan fitur ini mempermudah kita untuk mendaftarkan anggota keluarga baru yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, syarat utamanya harus memiliki no identitas (NIK/e-KTP). < Beranda