Cara Download Absensi (Kehadiran) Partisipan di Zoom

ilustrasi | ©Semigate

Di masa pandemi Covid-19 layanan aplikasi video meeting masih menjadi alternatif dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Zoom salah satu aplikasi layanan virtual meeting yang sangat populer saat ini khususnya dikalangan dunia pendidikan untuk dimanfaatkan dalam perkuliahan/kelas online atau virtual.

Zoom memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kompetitor aplikasi lainnya, salah satu keunggulannya adalah kapasitas dan durasi meeting bisa memuat 100 dengan durasi kurang 40 menit (untuk zoom basic) dan bisa sampai 100 hingga 1.000 partisipan dengan durasi 24 jam untuk yang berlangganan premium atau pro.



Salah satu fitur yang menjadi keunggulan zoom adalah bisa merekam aktivitas peserta misalnya mengecek kehadiran, kapan waktu peserta join dan leave pada meeting. Fitur ini sangat berguna bagi para guru dan dosen untuk mengetahui detail aktivitas peserta (siswa atau mahasiswa) saat perkuliahan virtual.

Ini langkah-langkah mengecek kehadiran partisipan di zoom

  1. Log in ke Zoom melalui browser (https://zoom.us/) disarankan diakses melalui PC / Laptop.
  2. Masukan user dan password
  3. Pada layar monitor sebelah kiri pada bagian Admin klik account mannagement
  4. Lalu klik reports akan tampil usage reports
  5. Klik Active Hosts. Akan tampil daftar meeting yang telah dibuat sebelumnya. Perhatikan gambar dibawah ini
  6. Untuk mendownload kehadiran atau absensi silahkan perhatikan pada kolom Participants, klik jumlah kehadiran, akan tampil dialog Meeting Participants (perhatikan gambar dibawah)
  7. Klik Export dan akan disimpan dalam bentuk Excel semua detail peserta yang join dalam meeting.
  8. Dalam file Excel yang telah didownload terdapat informasi nama peserta, email, waktu bergabung (join time), waktu keluar (leave time) dan durasi total dalam meeting setiap peserta.

Fitur ini sangat membantu para pendidik (dosen/guru) untuk dapat memantau kehadiran peserta tepat waktu atau tidak, jadi walaupun kelas online namun tetap bisa mendisiplinkan peserta didik.