patung BJ Habibie di Gorontalo yang berada tepat di pintu masuk utama Bandara Djalaluddin Gorontalo

Habibie dan Gorontalo oleh. Dr. dr. M. Isman Jusuf, Sp.S (Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo)

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie tidak dapat dipisahkan dari Gorontalo. Beliau sendiri mengaku berasal dari daerah Gorontalo bahkan dalam beberapa kesempatan beliau menyebut diri sebagai putra asli Kabila. Ke-gorontalo-an B.J.Habibie tidak perlu diragukan.

Silsilah Keluarga

Dari aspek silsilah keluarga beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ayahnya Alwi Abdul Jalil Habibie memiliki marga “Habibie” yang merupakan salah satu marga asli dalam struktur sosial Pohala’a (Kerajaan dan Kekeluargaan) di Gorontalo.

Budaya

Dari aspek budaya, beliau sangat menjunjung tinggi tradisi luhur Gorontalo. Dalam beberapa momen penting kehidupannya, beliau menggunakan pakaian adat Gorontalo seperti saat prosesi khitan, di kala menikah dengan Bu Ainun dan sewaktu menikahkan putranya.

mengenakan pakaian adat gorontalo saat dikhitan
Mengenakan pakaian adat Gorontalo saat menikahi Ainun
Saat menikahkan putranya, habibie mengenakan pakaian adat takowadaa gorontalo

Kontribusi B.J Habibie untuk Gorontalo

Dari aspek kontribusi ke daerah, beliau menunjukkan komitmen dan kepedulian yang tinggi untuk membangun Gorontalo. Saat menjabat Menristek RI, beliau memberikan bantuan ke RS Islam Gorontalo berupa gedung laboratorium lengkap dengan peralatannya. Beliau juga merintis pendirian sekolah unggulan MAN Insan Cendekia di Gorontalo. Saat menjabat Presiden RI, beliau menandatangani prasasti renovasi pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Kota Gorontalo

Memberikan bantuan Laboratorium untuk RS. Islam Gorontalo
masjid agung baiturahman yang direnovasi di era presiden B.J Habibie

Mendapat Gelar Adat Gorontalo

Sebagai bentuk penghargaan rakyat Gorontalo kepada B.J.Habibie, maka dewan adat Daerah Gorontalo menganugerahkan kepada beliau pulanga (gelar adat) “Ti Tilango Madala”(Cahaya Negeri). Disamping itu pula pemerintah Provinsi Gorontalo membangun monumen patung habibie di area bandara udara Gorontalo. Pemerintah daerah kabupaten Bone Bolango mengabadikan nama beliau sebagai salah satu nama jalan.

patung BJ Habibie di Gorontalo yang berada tepat di pintu masuk utama Bandara Djalaluddin Gorontalo

Rakyat Gorontalo sangat bangga memiliki BJ.Habibie sebagai Putra terbaik bangsa. Semoga akan lahir dari bumi serambi madinah ini “Habibie-Habibie” muda sebagai cahaya negeri untuk Indonesia yang berkemajuan.