Gambar: Your Health Matters

Harus Tahu!, Bunyi Napas Normal dan Abnormal

Gustinerz.com | Kebutuhan bernafas adalah kebutuhan dasar bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang optimal (adekuat). Sistem pernafasan melibatkan organ hidung hingga alveoli (bagian dari paru-paru). Pemenuhan kebutuhan oksigen adalah dasar (inti) untuk mempertahankan metabolisme dalam tubuh, kekurangan oksigen dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan kematian.

Oleh karenanya, sebagai perawat kita perlu mengetahui seperti apa bunyi napas abnormal (mengalami gangguan) agar dapat melakukan tindakan yang tepat. Namun sebelumnya kita harus tahu dulu bunyi napas yang normal itu seperti apa.

Kualitas Bunyi Pernapasan Norma

Bunyi napas Kualitas Lokasi
Trakea Kasar, nada tinggi Pada trakea
Bronchial Keras, nada tinggi Di samping trakea
Bronkovesikuler Agak keras, nada agak tinggi Di samping sternum
Vesikuler Lemah, nada rendah Bagian paru lainnya

Ketika kita melakukan auskultasi dengan stetoskop mendengar adanya suara nafas seperti dalam tabel diatas itu berarti klien tidak mengalami gangguan (disesuaikan dengan kondisi klien) dan apabila mendengar suara bunyi nafas seperti pada tabel dibawah ini baiknya lakukan intervensi keperawatan yang tepat (disesuaikan dengan SPO yang ada di instansi).

Bunyi Napas yang Abnorma

Bunyi Uraian
Rokhi basah Nyaring, bunyi yang hilang timbul dan meletup-letup seperti bunyi rambut yang saling bergesekan, didengar baik baik pada insipirasi dan ekspirasi
Pleural friction rub Nada rendah, nyaring, superfisial menerus, seperti bunyi potongan kertas pasir yang saling bergesekan, didengar saat insipirasi dan ekspirasi
Ronkhi kering Nada rendah, bunyi seperti dengkuran yang monofonik, terutama terdengar saat ekspirasi tetapi dapat juga terjadi disepanjang siklus respirasi
Stridor Nada tinggi, bunyi seperti dengkuran yang monofonik, terdengar saat inspirasi; lebih keras dileher daripada didinding dada.
Wheezing Nada tinggi, seperti bunyi siulan atau suara music yang terus menerus, terutama terdengar saat ekspirasi, meskipun kadang-kadang juga ditemukan saat inspirasi.

< Beranda

Sumber:

  • Buku rujukan cepat di ruang ICU/CCI editor Doris Weinstock EGC 2012.