Penilaian Tingkat Nyeri dengan Metode FLACC Scale pada Pasien Anak

Gambar dari Pampers

Gustinerz.com | Nyeri merupakan kondisi berupa perasaan yang tidak menyenangkan, bersifat sangat subjektif. Perasaan nyeri setiap orang berbeda yang mempengaruhi penilaian / tingkat nyeri. Nyeri adalah pengalaman emosional yang dikaitkan dengan kerusakan jaringan baik aktual maupun potensial.

Munculnya nyeri berakaitan dengan reseptor dan adanya rangsangan. Reseptor nyeri tersebar pada kulit dan mukosa dimana reseptor nyeri memberikan respon jika adanya stimulasi atau rangsangan. Stimulasi tersebut dapat berupa zat kimia seperti histamine, bradikinin, prostaglandin dan macam-macam asam yang terlepas apabila terdapat kerusakan pada jaringan akibat kekurangan oksigen.

Bayi tidak dapat berkomunikasi melalui verbal secara menyeluruh, walaupun tingkah laku mereka menampilkan ekspresi wajah nyeri seperti menangis, wajah meringis, mata menyipit, dagu bergetar. Sedangkan pada anak todller dan pra sekolah kurang dalam kemampuan kognitif untuk menggunakan alat skor nyeri standar orang dewasa.Pengkajian nyeri pada anak perlu dilakukan untuk menilai tingkat nyeri anak untuk penentuan intervensi/tindakan yang akan dilakukan.



Face, Legs, Activity, Cry and Consolability (FLACC) scala adalah intrumen pengkajian nyeri yang baik digunakan pada anak usia 2-7 tahun. Skala ini terdiri dari 5 penilaian dengan skor total 0 (tidak nyeri) dan 10 (nyeri hebat). Hsil skor perilakunya adalah 0 (rileks dan nyaman), 1-3 (nyeri ringan/ketidaknyamanan ringan, 4-6 nyeri sedang, 7-10 nyeri hebat/ketidaknyamanan berat.

FLACC Pain Assesment Tool

No Kategori Skor Total
0 1 2
1 Face (wajah) Tidak ade ekspresi khusus, senyum Terkadang meringis/menarik diri Sering menggertakan dagu dan mengatupkan rahang
2 Leg (kaki) Normal, rileks Gelisah, tegang Menendang, kaki tertekuk, melengkungkan punggung
3 Acitivity (aktivitas) Berbaring tenang, posisi normal, mudah bergerak Menggeliat, tidak bisa diam, kaku mengerang Kaku atau menghentak
4 Cry (menangis) Tidak menangis Merintih, merengek, kadang-kadang mengeluh Terus menangis, berteriak, sering mengeluh
5 Consability (konstability) Rileks Dapat ditenangkan dengan sentuhan, pelukan, bujukan, dapat diahlihkan Sulit dibujuk
Skor total

Sumber:

  • Mini Riset Fatria Irawan Maku dengan Judul Gambaran Intensitas Nyeri Menggunakan FLACC Scale tahun 2019