Pencegahan Jatuh pada Lansia yang Tinggal di Komunitas

Gambar dari AARP

Gustinerz.com | Lanjut Usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas (UU No. 13/1998).  Pertumbuhan penduduk lansia diprediksi akan meningkatkan cepat di masa yang akan datang terutama di negara-negara berkembang. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang juga akan mengalami ledakan jumlah penduduk lansia, kelompok umur 0-14 tahun dan 15-49 berdasarkan proyeksi 2010-2035 menurun. Sedangkan kelompok umur lansia (50-64 tahun dan 65+) berdasarkan proyeksi 2010-2035 terus meningkat.

Masalah yang sering muncul pada usia lanjut adalah mengalami jatuh. Setiap tahun kira-kira 35-40% lansia sehat di komunitas mengaami jatuh. Angka kejadian dalam panti werda dan rumah sakit hampir tiga kali lebih besar, dengan penyebab cedera kira-kira 25%.

American Geriatric Society (AGS) menganjurkan pengkajian faktor risiko jatuh selama kunjungan perawatan primer rutin, dengan pengkajian lebih intensif pada kelompok berisiko tinggi. Sehingga perlu dilakukan pencegahan jatuh pada lansia, berikut algoritma pencegahan masalah jatuh pada lansia



Pencegahan Jatuh pada Lansia yang Tinggal di Komunitas

Sumber:

  • Bickley, LS. Buku Saku Pemeriksaan Fisik dan Riwayat Kesehatan. Jakarta: EGC
  • Infodatin Departemen Kesehatan