Resmi Dideklarasikan Oleh Guru Besar Keperawatan, Ini Isi Deklarasi FPPKNI

Deklarasi FPPKNI | ©Akurat News

5 Oktober 2021 bisa dibilang menjadi salah satu tanggal penting bagi perkembangan dunia keperawatan di Indonesia. Pada tanggal itu FPPKNI yan merupakan singkatan dari Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia resmi dideklarasikan oleh beberapa Guru Besar Keperawatan di Indonesia di Gedoeng Joeang, Jakarta Pusat.

FPPKNI diketuai oleh Prof. Elly Nurrachmah salah satu tokoh penting dalam perkembangan profesi keperawatan di Indonesia hingga menjadi seperti ini. Selain itu, dalam susunan kepengurusan FPPKNI juga terdapat para tokoh yang tidak asing di keperawatan Indonesia sebut saja Prof. Junaiti Sahar (Wakil Ketua), Prof. Achir Yani S. Hamid (Anggota) yang juga merupakan Mantan Ketua Umum DPP PPNI, Prof. Budi Anna Keliat (Anggota) dan Prof. Yeni Rustina (Anggota).



Naskah Deklarasi FPPKNI

Kami kelompok perawat yang peduli pada masa depan profesi keperawatan mewadahkan diri dalam Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) dan berkumpul pada hari ini: Selasa, 5 Oktober 2021 di Gedoeng Joeang, Jalan Menteng Raya No 31, Jakarta Pusat, Jakarta, Bertekad dengan keyakinan serta kesadaran tinggi menyatakan bahwa:

  1. Profei Keperawatan mempunyai peran penting dalam melindungi Hak Azasi Manusia akan kesehatan yang berkeadilan, bermartabat, dan sederajat di tingkat nasional maupun internasional;
  2. Keperawatan professional di Indonesia harus dikembangkan dan dijaga sesuai hakikat dan tujuan awal Kesepakatan Nasional 1983 yaitu keperawatan sebagai profesi;
  3. Untuk itu diperlukan pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dan collective collegial, sebagai role model, berintegritas, akuntabel, dan amanah;
  4. Pengembangan kepemimpinan profesi keperawatan harus dilakukan melalui proses pematangan pola pikir, keterampilan kepemimpinan dan pembentukan karakter.

Jakarta, 5 Oktober 2021

Atas nama Profesi Keperawatan Indonesia yang tergabung dalam FPKKNI.

Ditandatangani oleh:

  • Ketua: Prof. Dra. Elly Nurachmah, SKp, M.App.SC, DNSc
  • Wakil Ketua: Prof. Dra. Junaiti Sahar, SKp, M.App.Sc, PhD (Wakil Ketua)
  • Sekretaris: Dr. Rita Sekarsari, SKp, MHSM, FISQua (Sekretaris)
  • Bendaraha: Dr. Ibrahim Rahmat, SKp, S.Pd, M.Kes (Bendahara)

Anggota:

  • Prof. Achir Yani S. Hamid, MN, DNSc
  • Prof. Budi Anna Keliat, SKp, M.App.Sc
  • Prof. Yeni Rustina, SKp, M.App.Sc, PhD
  • Johana R. Hendrik, BSc,Dpl,Nsg.Admin, CVRN
  • Maria Indrijani Widjaja, SKM

Lalu, apa tujuan dibentuknya FPPKNI ini?

Press Release resmi dari FPPKNI yang bereder di media sosial saat ini dijelaskan bahwa melihat perkembangan organisasi profesi keperawatan saat ini dan dinamika yang terjadi di tubuh PPNI, para profesional keperawatan yang tergabung dalam Guru Besar (GB) dan Senior Nursing Group (SNG) merasa terpanggil untuk ikut mengawal dan memberi masukan untuk pengembangan keperawatan di Indonesia, yang diawali dengan membentuk suatu forum/presidium yaitu Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) yang merupakan forum keperawatan profesional yang bersifat independen yang peduli terhadap profesi keperawatan di Indonesia, sehingga diharapkan dapat memberikan berbagai masukan untuk kepentingan profesi keperawatan.

Pembentukan forum ini merupakan bukyi nyata kepedulian para guru besar dan para senior/pakar keperawatan terhadap profesi keperawatan di Indonesia. Sebagai forum resmi nasioal yang bersifat independen diharapkan mampu mengawal kehidupan dan perkembangan profesi dengan baik, benar dan bermartabat sehingga menjadi profesi yang diakui dan dihargai karena kemanfaatannya bagi masyarakat secara nasional dan global.


Sumber:

  • Dihimpun dari Rekaman Zoom deklarasi FPPKNI pada tanggal 5 Oktober 2021.
  • Naskah press release yang beredar di media sosial WA.