10 Mata Uang Dengan Nilai Terendah di Dunia

ilustrasi

Uang merupakan instrumen perekonomian yang sangat penting bagi sebuah negara di dunia. Hampir seluruh kegiatan ekonomi bergantung pada uang yang berfungsi sebagai alat tukar atau pun alat bayar. Uang adalah inovasi modern yang menggantikan posisi barter yang telah berlangsung lama.

Nilai tukar mata uang (kurs) adalah harga satu unit mata uang asing dalam mata uang domestik atau bisa dikatakan harga mata uang domestik terhadap mata uang asing. Contoh nilai tukar (NT) Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD) adalah harga satu dolar USD dalam Rupiah, atau sebaliknya harga satu Rupiah terhadap satu USD. Berikut ini 10 Mata Uang dengan nilai tukar terendah dalam dolam USD.



#1. Venezuelan Soverign Bolivar (VES)

VES merupakan mata uang yang digunakan di negara Venezuela yang saat ini sedang mengalami inflasi tinggi yang membuat nilai tukar VES terhadap Dollar USD sangat rendah. 1 USD = 2,860,260 VES, bila di konversi ke Rupiah maka 1 Rp = 199.911 VES.

#2. Iranian Rial (IRR)

Iran merupakan salah satu negara dengan nilai mata uang terendah saat ini. 1 USD = 42.105 IRR atau 1 IDR = 2.941 IRR. IRR merupakan mata uang yang digunakan di Negara Iran yang hingga saat ini diembargo oleh Amerika Serikat yang membuat masalah kolaps negara ini.

#3. Vietnamese Dong (VND)

Saat ini 1 USD = 23.065 atau 1 IDR = 1.623 VND. Vietnam merupakan salah satu negara di Asia tenggara yang masuk dalam 5 besar nilai mata uang terendah di dunia. Negara ini bertumpuk pada sektor pertanian dalam menggerakkan ekonomi di negaranya.

#4. Indonesia (Rupiah)

Saat membuat tulisan ini, tentunya membuat kaget bahwa mata uang negara kita masih termasuk 5 besar dengan nilai terendah di Dunia. Saat ini 1 USD = 14.131 Rupiah. Salah satu penyebab nilai rupiah rendah adalah nilai ekspor rendah, namun impor tinggi. Mari bersama kita berperan aktif dan bangga menggunakan rupiah.

Untuk mengetahui mengapa nilai mata uang Indonesia sangat rendah, saksikan video menarik ini:

#5. Uzbek Sum (UZS)

Mata uang ini digunakan oleh negara Uzbekistan. Nilai tukar UZS tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Saat ini 1 USD = 10.515 UZS. Uzbekistan merupakan negara pengekspor kapas terbesar di dunia.

Berikutnya, pada posisi 6-10 terdapat mata uang:

  • #6. Sierra Leonean Leone (SLL). 1 USD = 10.235 SLL
  • #7. Guinean Franc (GNF). 1 USD = 9.920 GNF
  • #8. Lao or Laotian Kip (LAK). 1 USD = 9.425 LAK
  • #9. Paraguayan Guarani (PYG). 1 USD = 6.785 PYG
  • #10. Cambodian Riel (KHR). 1 USD = 4.050 KHR

Baca juga: Bukan Dollar, Inilah 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia


Sumber: