Atasi Masalah Pada Kulit Wajah dengan Madu, Ini Caranya!

ilustrasi | dinnertime
Oleh:FEBRYANANDA POLAPA

Madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat terutama untuk Kesehatan. Salah satu manfaat madu yang tidak banyak diketahui adalah mengatasi masalah kulit wajah. Masalah kulit wajah yang paling sering ditemui adalah jerawat, kulit berminyak, dan kulit kering.

Siregar, (2012; 88) menyebutkan, madu menawarkan antioksidan dalam jumlah yang luar biasa dan merupakan produk yang bersifat membersihkan kulit, menghilangkan pemudaran warna kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit. “itu sebabnya madu merupakan salah satu produk perawatan kulit terbaik. Vallianoul et al., (2014); Sabry, (2009) dalam Anjani, dkk (2015: 140) pada penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa, madu juga memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan dapat membunuh bakteri P. acnes penyebab akne (Aini, 2019).



Kulit wajah yang bersih, sehat, lembab adalah dambaan setiap orang. Banyak kalangan yang merasa khawatir mencoba produk-produk kecantikan yang beredar karena tidak ingin kulitnya makin rusak. Ternyata madu sangat cocok dan aman untuk anda yang menginginkan kulit wajah yang lebih sehat.

Bagaimana caranya?

1. Masker madu murni

Masker madu original adalah masker yang hanya menggunakan madu tanpa ada campuran bahan lain. Cara pakai :

  1. Bersihkan wajah dengan air bersih
  2. Keringkan wajah menggunakan tisu/handuk bersih
  3. Siapkan masker madu dengan komposisi 1sdt madu
  4. Oleskan madu secara merata pada kulit wajah
  5. Diamkan selama 15 menit
  6. Bersihkan masker menggunakan air bersih

2. Digunakan Bersama Bubuk Kunyit

Pembuatan masker madu dan bubuk kunyit dapat dilakukan dengan menggunakan perbandingan:

  1. 1 sdt bubuk kunyit: 1sdt madu
  2. 1 sdt bubuk kunyit: 2sdt madu
  3. 2sdt bubuk kunyit : 1sdt madu

Untuk perawatan awal masker ini digunakan 1 hari sekali dalam seminggu. Tahap selanjutnya masker dapat digunakan 2 kali seminggu. Begini cara pakainya:

  1. Bersihkan wajah dengan air bersih
  2. Keringkan wajah
  3. Kemudian oleskan masker yang sudah dicampur pada kulit wajah
  4. Diamkan masker sekitar 10-15 menit
  5. Bersihkan masker menggunakan air bersih

3. Digunakan Bersama kopi

Kombinasi kopi dan madu adalah kombinasi terbaik karena kopi memiliki manfaat sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mata dan sisa make up yang mengganggu. Sedangkan madu bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah. Berikut cara membuat masker kopi dan madu. Berikut bahan yang perlu disiapkan:

  1. 1 sendok makan bubuk kopi
  2. 3 sendok madu murni

Cara pakai :

  1. Campurkan bubuk kopi dan madu tersebut sampai membentuk semacam krim atau pasta. Sampai campurannya mengental dan tidak terlalu cair
  2. Oleskan masker kopi tersebut sedikit demi sedikit secara rata. Mulai dari wajah sampai dengan bagian leher.
  3. Diamkan masker tersebut sekiranya 30 menit atau sampai kering agar masker dapat diserap secara optimal
  4. Kemudian bilas masker dengan air bersih*

*Perlu diingat masker kopi dan madu sebaiknya digunakan oleh orang yang memiliki jenis kulit normal, tidak berjerawat, dan tidak sensitif. Penggunaannya juga tidak disarankan setiap hari, melainkan cukup satu sampai dua kali seminggu. Tanpa repot menggunakan banyak produk kecantikan, anda bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat.

“Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur’an dan madu.” (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas’ud).


Sumber:

  • Aini N. Weni, Nurul H. , Neneng S.S.A. Pengurangan Jerawat Pada Kulit Wajah Dengan Madu Manuka. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 19- 20 November 2019 Purwokerto
  • Brillystyle.brilio.net. Tips : Cara Membuat Masker dari Kopi dan Madu (https://brilistyle.brilio.net/tips/cara-membuat-masker-dari-kopi-dan-madu-lengkap-dengan-manfaatnya-201201j.html diakses pada 20 Mei 2021)
  • Pratiwi, Suci Ramadani. 2019. Pengaruh Penggunaan Bubuk Kunyit dan Madu Sebagai Masker Untuk Kulit Berjerawat. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar
  • Sehatq.com. Kulit dan Kelamin : Bolehkan Masker Kopi dan Madu digunakan setiap hari? (https://www.sehatq.com/forum/bolehkah-masker-kopi-dan-madu-digunakan-setiap-hari-q21540 diakses pada 20 Mei 2021)