10 Negara yang Tidak Terkonfirmasi Covid-19

Micronesia | ©Westend61

Sudah setahun lebih WHO menetapkan wabah Covid-19 menjadi Pandemi. Hingga saat ini status tersebut belum juga dicabut oleh Organisasi Kesehatan Dunia tersebut. Jumlah kasus covid-19 di dunia masih terus menunjukkan grafik yang tinggi tercatat hingga kini (19 April 2021) jumlah kasus covid-19 secara global adalah 141.057.106 orang dengan total kematian 724.720 jiwa. Amerika Serikat, India dan Brazil merupakan 3 negara dengan angka kasus tertinggi di dunia.



Namun, tahukah kita ada beberapa negara yang tidak melaporkan kasus covid-19 atau dengan jumlah kasus “NOL” (berdasarkan data dalam website WHO) selama wabah ini menyerang dunia. Berikut 10 negara yang tidak memiliki kasus covid-19.

Tuvalu

Tuvalu | ©AIFFP

Hingga artikel ini dibuat, Dalam data WHO Tuvalu tercatat tidak memiliki atau melaporkan sama sekali kasus Covid-19 pada Negara mereka. Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Jumlah populasi penduduk di Tuvalu hanya 11.646 (pada tahun 2019).

Turkmenistan

Turkmenistan | ©Google

Sama halnya dengan Tuvalu, Turkmenistan juga salah satu negara yang belum melaporkan kasus covid-19 di Negara meraka. Jumlah populasi negara ini adalah 5.942 juga jiwa (tahun 2019). Negara ini di Asia Tengah, sebagian besar wilayahnya adalah hamparan gurun pasir namun negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

Tonga

Tonga | ©Google

Nama resmi negara ini adalah Kerajaan Tonga merupakan negara kepulauan terdiri dari 177 pulau. Dari data WHO negara ini juga belum melaporkan sama sekali kasus Covid-19 di negaranya. Populasi negara ini adalah 104.494 (tahun 2019).

Palau

Palaua | ©Google

Terletak di Samudra Pasifik berbatasan langsung dengan Provinsi Papua Barat dan Sulawesi Utara, negara ini termasuk negara dengan angka kasus Covid-19 “NOL” pada data website WHO.

Korea Utara

Korea Utara | ©Google

Siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini, Berbeda dengan 4 negara sebelumnya, Korea Utara satu-satunya negara dengan populasi lebih dari 25.6 juta jiwa di Dunia yang belum melaporkan sama sekali jumlah kasus covid-19 di negaranya. Namun banyak media yang mempertanyakan informasi tersebut, hingga kini belum ada pengumuman secara resmi dari pemerintah Korea Utara adanya kasus Covid-19.

Selain kelima negara tersebut, berikut negara-negara yang tidak melaporkan konfirmasi covid-19 adalah Niue, Nauru, Kiribati, Cook Islands, dan Micronesia.


Sumber: