Mengenal Dokter Soetomo Pendiri Organisasi Budi Utomo

Gustinerz.com | 109 tahun yang lalu tepatnya tanggal 20 Mei 1908 berdirilah organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia pertama yakni Budi Utomo atas inisiatif Dr. Soetomo, dan beberapa pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) yang saat ini telah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Organisasi Budi Utomo ini menjadi titik awal pergerakan kemerdekaan Indonesia sehingga inilah yang melandasi Ir. Soekarno (Presiden RI Pertama) menjadi 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia.

Dr. Soetomo lahir di Nganjuk, Jawa Timur, 30 Juli 1888. Soetomo lulus tahun 1911 dan bekerja sebagai dokter pemerintah di berbagai daerah di Jawa dan Sumatra. Tahun 1917 ia menikah dengan seorang perawat Belanda. Soetomo melanjutkan pendidikan studi kedokteran di Belanda dari tahun 1919 sampai 1923. Di Belanda Soetomo aktiv dalam Perhimpunan Indonesia (PI).

Setelah pulang dari Belanda Soetomo bertugas menjadi guru sekolah dokter NIAS di Surabaya. Saat di PI dr. Soetomo tergugah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sehingga ia meminta Budi Utomo menjadi bagian dari kemerdekaan Indonesia, namun hal ini tidak disetujui oleh para anggota dan pengrusu Budi Utomo lainya, sehingga ia mendirikan Indonessche Studie Club (ISC). ISC merupakan perhimpunan yang berjuang untuk membangkitkan semangat kaum terpelajar supaya memiliki kewajiban terhadap masyarakat. Tahun 1931 ISC menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI), yang pada akhirnya menjadi partai politik yang diberi nama PARINDA (Partai Indonesia Raya).

Pada tanggal 3 Mei 1938 dr. Soetomo meninggal dunia karena sakit dan dimakamkan di Gedung Nasional Surabaya. Meninggalnya dr. Soetomo memberikan duka yang amat mendalam bagi masyarakat Surabaya kala itu.

Saat ini nama Dr. Soetomo telah diabadikan menjadi salah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo dibawah pengelolaan pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga merupakan salah satu rumah sakit pusat rujukan khususnya di Indonesia bagian timur. <Beranda

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Soetomo
  • https://news.detik.com/berita/d-3506031/hari-kebangkitan-nasional-dan-simbol-persatuan-indonesia
  • http://www.pesantrenglobal.com/dr-soetomo-pencetus-kebangkitan-nasional/