ilustrasi lansia | Google Image

Lansia menurut UU Nomor 13 tahun 1998 adalah penduduk yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Lanjut usia (lansia) sebagai individu juga menghendaki kemandirian dalam mempertahankan hidup, kesehatan dan kesejahteraannya. Perubahan fisik lansia akan mempengaruhi tingkat kemandirian.

Kemandirian adalah kebebasan untuk bertindak, tidak tergantung pada orang lain, tidak terpengaruh pada orang lain dan bebas mengatur diri sendiri atau aktivitas seseorang baik individu maupun kelompok dari berbagai kesehatan atau penyakit. Tingkat kemandirian pada lansia dapat dipengaruhi oleh usia, imobilitas, dan mudah jatuh.



Kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas harus tetap dipertahankan. Aktivitas yang tetap dipertahankan pada lansia akan membentuk konsep diri positif.

Untuk melihat kemampuan fungsional seseorang (khususnya pada lansia) dapat diamati dari kemampuan melakukan aktivitas kesehariannya (Activities Daily Living/ADL). ALD adalah fungsi-fungsi yang bersifat fundamental terhadap kehidupan mandiri klien yang meliputi mandi, berpakaian, pergi ke kamar mandi berpindah kontinen, dan makan.

Salah satu alat ukur/instrumen dalam menilai kemandirian lansia adalah Katz Index yang meliputi kemampuan mandiri lansia untuk mandi, berpakaian, toileting, berpindah tempat, kontinen, dan makan. Indeks Katz membentuk suatu kerangka kerja untuk mengkaji kehidupan hidup mandiri lansia atau bila ditemukan terjadi penurunan fungsi maka akan disusun titik fokus perbaikannya.

AktivitasMandiri (Skor 1)Tergantung (Skor 0)
MandiMelakukan mandi secara mandiri atau memerlukan bantuan hanya untuk bagian tertentu saja misalnya punggung atau bagian yang mengalami gangguanPerlu bantuan lebih dari satu bagian tubuh, perlu bantuan total.
BerpakaianBisa memakai pakaian sendiri, kadang perlu bantuan untuk menalikan sepatu.Perlu lebih dalam berpakaian atau bahkan perlu bantuan total.
Ke ToiletBisa pergi ke toilet sendiri, membuka, melakukan BAB BAK sendiri.Perlu bantuan dalam eliminasi
BerpindahBisa berpindah tempat sendiri tanpa bantuan, alat bantu gerak diperkenankanPerlu bantuan dalam berpindah dari bed ke kursi roda, bantuan dalam berjalan.
KontinenBisa mengontrol eliminasiInkontinensia sebagian atau total baik bladder maupun bowel.
MakanBisa melakukan makan sendiri. Makanan dipersiapkan oleh orang lain diperbolehkan.Perlu bantuan dalam makan, nutrisi parenteral

Skala yang ditetapkan Katz Index dalam ADL terdiri dari dua kategori yaitu kemandirian tinggi (index A, B, C, D) dan kemandirian renda (E, F dan G).

  • Indeks Katz A yaitu kemandirian dalam 6 aktivitas yaitu makan, kontinen, berpindah, kekamar kecil, berpakaian dan mandi.
  • Katz Index B yaitu kemandirian dalam 5 aktivitas.
  • Katz Index C yaitu kemandirian dalam semua hal kecuali mandi dan satu fungsi tambahan.
  • Katz Index D yaitu kemandirian dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian dan satu fungsi tambahan.
  • Katz Index E yaitu kemandiri dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian, kekamar kecil dan satu fungsi tambhan.
  • Katz Index F yaitu kemandirian dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian, kekamar kecil, berpindah dan satu fungsi tambahan.
  • Katz Index G yaitu ketergantungan terhadap keenam fungsi tersebut.

Perhatikan juga gambar di bawah ini

 


Sumber:

  • Eka Ediawati dalam Skripsi yang berjudul: Gambaran tingkat kemandirian dalam ADL dan risiko jatuh pada lansia di PSTW Budi Mulia 01 dan 03 Jakarta Timur tahun 2012.
  • https://www.stikesmukla.ac.id/downloads