PPNI Bone Bolango Gagas Program 1 Desa 1 Perawat

Vik Salamanja (Ketua DPD PPNI Kab. Bone Bolango) | FB

Perawat merupakan tenaga kesehatan yang berperan penting dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini perawat menjadi garda terdepan dalam penanganan penularan virus corona pada masyarakat.

Dalam UU No. 38/2014 dijelaskan bahwa pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu & kiat keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat baik sehat maupun sakit.

Untuk mendukung program kesehatan pada masyarakat, DPD PPNI Bone Bolango Provinsi Gorontalo bersama Dinas Kesehatan, Bappeda, serta Pemerintah Desa se Kabupaten Bone Bolango menggagas Program 1 Desa 1 Perawat (One Village One Nurse/OVON).



“ya benar, jadi OVON ini digagas oleh empat lembaga yakni organisasi profesi perawat PPNI Bone Bolango, Dinas Kesehatan, Bappeda, dan juga Pemerintah Desa di Kabupaten Bone Bolango yang saat ini berjumlah 160 desa” Ujar Ns. Vik Salamanja, M.Kes selaku Ketua PPNI Kab. Bone Bolango.

Dalam program ini, tugas utama perawat di desa lebih berorientasi pada upaya promotif dan preventif. Perawat tidak semata-mata ditempatkan di Pustu (Puskesmas Pembantu), akan tetapi berkantor di Rumah Desa Sehat yang ada di setiap desa di Bone Bolango.

Untuk perawat yang dibutuhkan pada program ini adalah seluruh tingkat kualifikasi pendidikan baik itu D3, D4 maupun Profesi Ners. “Saat ini pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 11 s/d 16 Januari 2021 bertempat di Dinkes Kabupaten Bone Bolango” lanjut Vik.

Sementara itu, Ketua PPNI Provinsi Gorontalo menyambut baik program ini. “Jadi kami mengharapkan Program 1 Perawat 1 Desa ini tidak hanya berjalan di Bone Bolango, namun juga dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo” ujar Ns. Rhein Djunadi, M.Kes Ketua PPNI Provinsi Gorontalo.

Program 1 Desa 1 Perawat didukung dalam aturan Bupati Bone Bolango melalui Peraturan Bupati Nomor 67 dan 68 tahun 2020 tentang Pembagian & Penetapan Dana Desa di Kabupaten Bone Bolango tahun 2021.