Prof. Yeni Rustina Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Keperawatan ke-7 UI

Gambar: IG nursing_ui

Gustinerz.com | Sebagai salah satu pionir perkembangan pendidikan dan ilmu keperawatan di Indonesia, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya adalah menambah Guru Besar (Profesor) Keperawatan yang saat ini berjumlah 7 orang.

Prof. Yeni Rustina, S.Kp., M.App.Sc., Ph.D merupakan Guru Besar yang baru saja di kukuhkan oleh UI dalam bidang Keperawatan Anak pada hari Sabtu, 21 Desember 2019. Upacara pengukuhan dipimpin oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Baru Lahir Renda melalui Asuhan Perkembangan”. Dalam isi pidatonya Prof. Yeni mengungkapkan Bayi berat lahir renda menyumbang hampir 40% terjadinya stunting, dengan latar belakang masalah tersebut Prof. Yeni merekomendasikan untuk pemberian asuhan perkembangan (development care)



Salah satu contoh asuhan perkembangan yang dapat diterapkan adalah Perawata Metode Kanguru (PMK) atau Kangaroo Mother Care. PMK memberikan manfaat yang sangat besar bagi BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah). “Perawatan metode kanguru dapat memberikan kehangatan kepada bayi, bayi menyusu lebih lama, kenaikan berat badan lebih cepat, tidur bayi lebih lama, dan mengurangi infeksi” ujar Prof. Yeni di Balai Sidang UI kampus Depok (Antara, 2019).

Dalam melaksanakan tugas sebagai seorang perawat anak perawat dapat melakukan intervensi berupa pemberian lingkungan yang aman melalui penataan kebisingan, pencahayaan, cara memegang bayi, memfasilitasi kecukupan oksigen, pemberian nutrisi (ASI), penatalaksanaan nyeri, menjaga bayi tidur dan pengaturan posisi.

Profil Prof. Yeni Rustina

Prof Yeni merupakan dosen keperawatan anak di FIK UI. Riwayat pendidikan, Prof Yeni merupakan lulusan S1 Keperawatan (S.Kp) dari Universitas Indonesia pada tahun 1990, Pada tahun 1992 menyelesaikan pendidikan S2 (M.App.Sc) di The University of Sydney dan pada tahun 2005 menyelesaikan S3 (Ph.D) di Chiang Mai University.


Sumber:

  • https://megapolitan.antaranews.com/berita/77687/ui-kukuhkan-dua-guru-besar-bidang-ilmu-kesehatan
  • https://forlap.ristekdikti.go.id/dosen/detail/NTlBNEIyMEMtQjQyMS00RjhCLTkzMEYtMjUwMEY4NDNCQTIz/0