Profil Agus Setiawan Ketua Umum AIPNI Pusat

Dalam Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) tanggal 3-4 Desember 2021 yang dipusatkan di Provinsi Bali telah selesai dilaksanakan dan secara aklamasi memilih Agus Setiawan, S.Kp, MN, DN sebagai Ketua Umum AIPNI periode 2021-2025 menggantikan Dr. Muhammad Hadi yang telah menjabat 2 periode.

Nama Agus Setiawan tidaklah asing dalam dunia keperawatan di Indonesia, hal ini karena ia merupakan tokoh penting di Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Ia merupakan orang nomor 1 di fakultas tersebut sebagai Dekan sejak tahun 2017 saat ini menjabat untuk periode kedua sebagai Dekan FIK UI. Dalam organisasi AIPNI sendiri ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal AIPNI Pusat dan juga sebagai Ketua Regional V AIPNI.



Agus Setiawan adalah seorang perawat dan dosen kesehatan komunitas dengan spesialisasi dalam intervensi berbasis masyarakat, kesehatan anak, akses ke pelayanan kesehatan, SDM untuk kesehatan, dan masalah kesenjangan kesehatan. Hingga saat ini ia aktiv sebagai akademisi dan praktisi kesehatan masyarakat, menghasilkan evidence dan menerjemahkannya ke dalam program dan kebijakan.

Pendidikan

  • 1999, S1 Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
  • 2006, S2 Keperawatan University of Technology Sydney, Australia
  • 2016, S3 Keperawatan University of Technology Sydney, Australia

Pekerjaan/Aktivitas

  • Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
  • Ketua AIPNI Pusat 2021-2025
  • Ketua Forum Pimpinan PTN Keperawatan Indonesia

Sumber: