Selain Masehi, Inilah 5 Kalender yang Digunakan Hingga Kini

Gambar: Wriket

Tepat hari ini 31 Desember 2022 merupakan tahun berakhirnya tahun kalender masehi. Kalender masehi adalah kalender yang hampir semua negara di dunia gunakan, karena pengaruhnya yang sangat besar. Penggunaan kalender masehi dimulai sejak kekuasaan romawi kuno.

Selain kalender masehi, terdapat juga beberapa kalender-kalender yang hingga kini digunakan dan masih berlaku di dunia saat ini. Berikut diantaranya



1. Kalender Hijriah

Di Indonesia dan diberbagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia kalender ini masih digunakan. Kalender Hijriah menggunakan dasar pergerakan Bulan, setiap tahunnya terdiri dari 12 bulan. Pada kalender Hijriah terdapat 29 atau 30 hari setiap bulan, ada selisih 11 hari dengan kalender masehi.

2. Kalender Tionghoa

Kalender ini hingga kini berlaku di negara Cina dan setiap pergantian baru Tionghoa selalu dirayakan oleh orang keturunan Cina. Kalender ini mulai digunakan pad atahun 551 sebelum Masehi yang diciptakan oleh Kaisar Huang. Kalender ini memadukan peredaran bulan dan matahari. Sama halnya dengan masehi dan hijriah kalender Tionghoa juga terdiri dari 12 bulan.

3. Kalender Saka

Kalender ini berasal dari India menggunakan metode penanggalan matahari dan bulan, dimulai sejak tahun 78 Masehi. Pembagian disesuaikan dengan musim di India, yaitu 6 musim dalam setahun. Setiap musim terjadi selama 2 bulan. Kalender ini juga digunakan oleh masyarakat di Bali namun telah disesuaikan dengan keadaan di Bali setiap pergantian tahun diperingati sebagai Hari Raya Nyepi.

4. Kalender Jepang

Kalender ini terdiri dari 12 bulan yaitu Ichigatsu, Nigatsu, Sangatsu, Shigatsu, Gogatsu, Rokugatsu, Sichigatsu, Hachigatsu, Kugatsu, Juichigatsu, dan Junigatsu. Kalender Jepang mirip dengan kalender masehi akan tetapi perhitungannya dimulai sejak kaisar bertakhtah.

5. Kalender Jawa

Masyarakat Jawa hingga kini masih menggunakan kalender ini. Kalender ini didasarkan pada budaya Jawa, menggunakan dua siklus hari yaitu siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari dan siklus pekan pancawara terdiri dari 5 hari pasaran yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Satu tahun kalender jawa terdiri dari 12 bulan.


Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *