Digemari Warga Eropa, Inilah Kandungan Minyak Tawon

Gambar: Joove

Bagi sebagian besar warga Indonesia tentunya sudah sangat mengenal dengan minyak tawon yang diproduksi PT. Tawon Jaya Makassar ini. Minyak gosok ini sudah menjadi andalan warga Indonesia dalam mengobati berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, nyeri, bengkak, gatal-gatal dan berbagai masalah kesehatan lainnya, bahkan sering disebut sebagai “minyak ajaib”.

Nah, ternyata bukan cuman di Indonesia saja produk ini digunakan, tapi minyak tawon sudah dipasarkan di berbagai negara Asia dan juga eropa. Dilansir dari GNFI minyak ini diproduksi lebih dari 300 ribu botol per bulan. Bisnis keluarga ini dimulai pada tahun 1984 yang diracik oleh seorang etnis Tionghoa di Makassar bernama Lie A Liat lalu berkembang hingga kini dijalankan oleh generasi ketiga dan racikan awalnya masih dipertahankan hingga kini.



Kandungan dalam minyak tawon terbuat dari ramuan rempah-rempah yakni:

1. Minyak kayu putih

minyak kayu putih berfungsi sebagai antibakteri, minyak jenis ini sering digunkan dalam melindungi luka terbuka atau area yang mengalami iritasi, sehingga dapat mencegah proses infeksi. Selain itu juga minyak kayu putih dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masuk angin, kembung, mual, pusing atau untuk menghangatkan tubuh.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa disebut bermanfaat untuk melembapkan kulit kering. Kandungan antioksidannya dapat meningkatkan fungsi kulit dan melindungi kulit dari faktor eksternal seperti zat kimia dan pemicu alergi.

3. Cengkih & daun lada

Cengkeh mengandung antioksidan yang kuat, senyawa ini dapat membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan dapat menyebabkan penyakit. Sama halnya dengan cengkih daun lada juga memiliki kandungan senyawa anti inflamasi.

4. Jahe

Kandungan dalam jahe seperti antioksidan dan antiperadangan dapat berperan dalam meredakan nyeri dan memperbaiki kulit.

5. Kunyit

Kunyit sejak dulu digunakan sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan dalam racikan obat tradisional yang mengandung anti mikroba sehingga dapat mengatas masalah nyeri dan peradangan.

6. Bawang merah

Bawang merah berkhasiat dalam mengatasi masalah peradangan dan infeksi yang dapat disebabkan oleh mikroorganisme patogen. Bawang merah dapat digunakan juga dalam menurunkan demam.

Dengan mengetahui kandungan dalam minyak tawon ini, maka jelaslah produk asli Indonesia ini tidak diragukan lagi dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan dan sudah terbukti hingga kini.

Indikasi umum minyak gosok ini untuk membantu meredakan nyeri sendi, sakit gigi, bisul, sakit kepala, kudis, panu, gatal-gatal akibat serangga, muntah, sakit perut dan batuk.


Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *