Teori Keperawatan: Neuman Systems Model

ilustrasi | ©Clipboard Academy

Salah satu tokoh keperawatan yang hingga ini masih eksis adalah Betty Neuman, ia mengembangkan Neuman Systems Model (Model Sistem Neuman) yang memandang pasien secara holistik. Model Sistem Neuman adalah pendekatan holistik yang mendorong fokus interdisipliner untuk promosi kesehatan, pemeliharaan, pencegahan dan pengelolaan stres sebagai pencetus gangguan kesehatan.

Neuman Sysmtems Model menyajikan kerangka kerja berbasis sistem keperawatan untuk melihat individu, keluarga atau komunitas yang didasarkan pada teori sistem umum. Seseorang dipandang sebagai sistem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungan internal dan eksternal untuk menjaga keseimbangan antara faktor-faktor yang mengganggu yang dijelaskan oleh Neuman sebagai stressor.



Intervensi keperawatan terjadi melalui tiga modalitas pencegahan yakni pencegahan primer (terjadi sebelum stressor menyerang sistem), pencegahan sekunder (terjadi setelah sistem stressor menyerang) dan pencegahan tersier terjadi setelah pencegahan sekunder karena pemulihan sedang dilakukan.

Stressor dapat bertindak secara positif atau negatif pada tubuh, tergantung pada kemampuan orang tersebut untuk mengatasinya pada waktu tertentu. Terdapat 5 komponen yang diyakini Neuman saling berinteraksi yakni fisiologi, psikologi, sosiokultural, spiritual dan perkembangan atau klien dipandang secara menyeluruh.

Terdapat 3 tipe stressor dalam teori Neuman yakni Intrapersonal, Interpersonal dan extrapersonal.

  • Intrapersonal: Kekuatan yang terjadi pada individu dan seringkali merupakan respons terkondisi.
  • Interpersonal: Kekuatan yang terjadi di antara orang-orang, misalnya ibu dan anak.
  • Extrapersonal: Kekuatan yang terjadi sebagai akibat langsung dari lingkungan atau budaya yang lebih luas di mana orang tersebut tinggal.
Neuman’s Systems Model: a total approach to client needs

Model yang dikembangkan Neuman sangat cocok dengan konsep holistik untuk mengoptimalkan hubungan antar-jiwa, pikiran dan tubuh yang dinamis namun stabil dalam lingkungan dan masyarakat yang terus berubah.


Sumber: