200 Singkatan yang Sering Digunakan Dalam Dunia Medis

Gustinerz.com | Dalam menjalankan tugas dan fungsi terhadap pelayanan kesehatan tenaga kesehatan (dokter, perawat, bidan, dll) sering menggunakan istilah atau singkatan yang secara universal telah digunakan. Sehingga tenaga kesehatan harus mengetahui singkatan tersebut, agar tidak mengalami masalah saat berkomunikasi sesama tenaga kesehatan. Berikut singkatan-singkatan yang digunakan dalam dunia medis/kesehatan.

Daftar singkatan disertai definisi yang digunakan dalam dunia medis



SINGKATANDEFINISISINGKATANDEFINISI
AAAAneurisma Aorta Abdominalis adalah kondisi melebarnya aorta di bagian perut/abdominal, secara abnormal.BSABody Surface Area (luas permukaan tubuh)
AADAntibiotic-Associated Diarrhea (diare yang disebabkan oleh antibiotik)BSIBispectral Index Monitoring (pemantauan indeks bispectral)
AbAntibodi adalah sejenis protein berukuran kecil yang beredar di aliran darah yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh (imunitas)BUNBlood Urea Nitrogen (nitrogen urea darah) ureum adalah produk limbah hasil metabolisme protein yang bersifat racun bagi tubuh. Nilai normal ureum berdasarkan usia; 0-5 tahun 5-18 mg/dL, 5-15 tahun 7-18 mg/dL dan >15 tahun 6-23 mg/dL
AChracetylcholine receptro (reseptor asetikolin) adalah reseptor untuk neurotransmiter asetikolin.CADCoronary Artery Disease (penyakit arteri koroner) dimana plak menumpuk di dalam dinding arteri (pembuluh darah utama jantung).
ACSAcute Coronary Syndrome (sindorm koroner akut) adalah kondisi dimana aliran darah menuju ke jantung berkurang secara tiba-tiba.CAM-ICUConfusio Assessment Methode for Intensive Care Unit (metode penilaian konfusi di ICU)
ACTHAdrenocorticotropic hormone (hormon adrenokortikotroik) adalah hormon yang merangsang produksi kortisol. Kortisol adalah hormon steroid yang penting untuk mengatur metabolisme glukosa, protein dan lipi, dan membantu menjaga tekanan darah.CAPCommunity Acquired Pneumonia (pneumonia yang didapat di masyarakat)
ACVAssist Controlled Ventilation (ventilasi bantuan terkontrol) adalah salah satu mode ventilasi mekanik (ventilator)CAPPCoronary Artery Perfusion Pressure (tekanan perfusi arteri koroner)
ADHAntidiuretic hormone adalah hormon yang mengatur kadar air dalam tubuh melalui proses di dalam ginjal.CASSContinuous Aspiration of Subglottic Secretion (aspirasi kontinu sekresi subglotik)
AGDAnalsis Gas Darah (arterial blood gas /ABG) adalah pemeriksaan medis untuk mengukur jumlah oksigen, karbon dioksida dalam darah serta menentukan tingkat keasaman pH darah.CEMRIContrast Enhanced Magnetic Resonance Imaging (MRI dengan kontras)
AISAcute Ischemic Stroke adalah kondisi dimana pasokan darah ke otang terganggu akibat adanya penyumbatan.CHFCongestive Heart Failure (gagal jantung kongesti) adalah kegagalan jantung dalam memompa pasokan darah yang dibutuhkan tubuh.
A-lineJalur arteriCHOKarbohidrat
aPTTActivated Partial Thromboplastin Time adalah salah satu tes untuk mengetahui waktu pembekuan darah, normalnya 30-40 detik.CICardiac Index (indeks jantung) adalah paramater hemodinak yang menghubungkan cardiac output (CO) dari ventirkel kiri dalam satu menit dengan luas permukaan tubuh (BSA), sehingga menghubungkan kinerja jantung
ARDSAdult Respiratory Distress Syndrome adalah gagal napas karena cairan didalam paru-paru.CLRTContinous Lateral Rotation Therapy (terapi rotasi lateran kontinu).
AVArterial-ventikular adalah gangguan irama jantung ditandai dengan denyut jantung tidak beraturan dan cepat.CMVControlled Mechanical Ventilation (ventilasi mekanik terkontrol) adalah salah jenis mode ventilasi
BCPBirth Control Pill (pil pengontrol kelahiran) di Indonesia dikenal dengan PIL KBCOCardiac Output (curah jantung) adalah volume darah yang dipompa oleh tiap-tiap ventrikel permenit. Normal darah yang dipompa dalam semenit adalah sekitar 5 liter.
CO juga singkatan dari Karbonmonoksida
BEBase excess (kelebihan basa)COHgbKarboksihemoglobin adalah sebuah kompleks stabil yang terdiri dari karbon monoksida (CO) dan Hemoglobin (HB).
BiPAPBilevel Positif Airway Pressure (tekanan jalan napas positif bilevel)CPAPContinous Positive Airway Pressure (tekanan jalan napas positif kontinu) adalah salah satu jenis mode ventilator
BMBowel Movement (pergerakan usus)CPISClinical Pulmonary Infection Score (skor infeksi paru klini) adalah instrumen yang membantu dalam mendiagnosisi pneumonia terkait ventilator (VAP)
bpmbreaths or beats per minuteCPOTCritical Care Pain Observation Tool (Alat Observasi Nyeri pada Perawatan kritis