Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Ilustrasi (Google Image)

Gustinerz.com | Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi kaum muslimin, dimana seluruh kaum muslin diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelam matahari (kurang lebih 13 jam waktu berpuasa).

Banyak orang yang tidak melakukan olahraga saat sebulan penuh karena puasa, namun ini sangatlah tidak baik dilakukan karena penelitian membuktikan tidak berolahraga selama sebulan penuh akan membuat kekuatan otot menurun dan membuat seseorang tidak bugar. Sehingga berolahraga saat puasa sangat baik untuk kesehatan kita sehingga tetap bugar melaksanakan puasa sebulan penuh.

Ada beberapa tips olahraga dibulan puasa yang wajib anda ketahui yakni jenis olahraga yang dilakukan dan waktu olahraga terbaik dibulan ramadhan. Jenis olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah jenis olahraga yang ringan misalnya berjalan dan bersepada atau jenis olahraga lainya yang menurut anda ringan untuk dilakukan.

Waktu olahraga saat puasa juga penting untuk diketahuan. Ada beberapa penelitian yang tidak mewajibkan berolahraga saat puasa karena perut dalam keadaan kosong. Sehingga waktu yang disarankan untuk berolahraga dibulan ramadhan adalah setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Olahraga disore hari, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com bahwa waktu olahraga terbaik saat berpuasa adalah sore hari (1 jam menjelang berbuka). Sehingga dapat segera mengembalikan energi yang hilang saat berbuka tiba. Yang paling penting adalah setelah melakukan olahraga anda tidak merasa lemas, pusing atau bahkan pingsan jadi kenali diri anda sendiri.

Jadi waktu terbaik untuk olahraga selama puasa ramadhan adalah sore hari menjelang buka puasa (30-60 menit sebelum berbuka). < Beranda

Referensi

  • http://uzone.id/jenis-olahraga-yang-dianjurkan-saat-puasa#ZkzwByQhb4IUBzCJ.97
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan-2017/tips-olahraga-saat-puasa/