Corona Virus Disease (COVID-19) Early Warning Score

Gustinerz.com | Corona Virus Disease (COVID-19) saat ini telah menyebar di seluruh dunia (pandemik). COVID-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan, Cina. Dalam waktu singkat virus ini terkonfirmasi telah menyebar di beberapa provinsi di Cina hingga saat ini telah menjadi pandemik.

Cong-Yin Song, Jia Xu, Jian-Qin He, dan Yuan-Qian Lu adalah peneliti dari Zejiang University, Cina telah mempublikasikan hasil temuan mereka pada 8 Maret 2020 yang diberi judul COVID-19 early warning score: a multi-parameter screening tool to identify highly suspected patients.



Early warning score atau penilaian awal pasien dengan covid-19 sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan petugas kesehatan dalam melakukan perawatan pasien yang dicurigai tinggi covid-19.

Penelitian yang melibatkan sebanyak 1.311 pasien yang mengalami gangguan sindrom pernapasan akut ini, berhasil membuat sebuah alat/instrumen untuk deteksi dini/awal pada pasien yang dicurigai besar telah terinfeksi virus corona.

Hasil penelitian mereka menyimpulkan ada 8 parameter pasien yang dicurigai tinggi terinfeksi covid-19 yakni:

  1. Ditemukan tanda pneumonia pada hasil CT scans
  2. Memiliki riwayat kontak secara langsung dengan pasien psotifi COVID-19
  3. Demam
  4. Umur (di atas 44 tahun)
  5. Jenis kelamin (paling tinggi pada laki-laki)
  6. Suhu tubuh (diatas 37.8 deraja C)
  7. Memiliki gangguan pernapasan (batuk, sesak)
  8. NLR (Neurtophil Lymphocyte Ratio) adalah pemeriksaan kultur darah dalam mendiagnosis sepsi (infeksi) pada pasien.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah ini. Setiap item memiliki skor yang berbeda. Jika skor yang didapat lebih dari >10 kemungkinan besar pasien tersebut mengalami covid-19.


Sumber:

  • https://doi.org/10.1101/2020.03.05.20031906.