Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI Punya Dekan Baru

Gustinerz.com | Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N terpilih untuk memimpin FIK UI pada periode 2017-2021 setelah melalui proses asesmen pada Rabu (22/11/2017) di Ruang Rapat A Gedung Rektorat UI Depok.

Berdasarkan informasi dari laman UI (ui.ac.id) Agus Setiawan terpilih dari 5 calon Dekan FIK yakni Agung Waluyo, S.Kp, Msc, Ph.D, Dr. Allenidekania, S.Kp, M.Sc, Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, S.Kp, MARS, dan Dr. Sigit Mulyono, S.Kp, M.N.

Dengan visi “Bersinergi Dalam Harmoni: Mengantarkan FIK UI Menjadi Pusat Pendidikan Keperawatan Unggul di Asia Tenggara” Agus menekankan pada peningkatan kualitas dalam menghadapi Masyarakat Komunitas ASEAN.

Menurutnya, One Community Asean meningkatkan suasana persaingan lulusan keperawatan di regional ASEAN, termasuk Indonesia. Mobilitas tenaga kerja perawat menjadi lebih bebas sehingga kualitas menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam persaingan tenaga kerja antar negara.

Dalam upaya peningkatan kualitas ini, terdapat beberapa kelemahan FIK UI yang menurut Agus harus dibenahi. Diantaranya adalah rasio dosen dan mahasiswa yang tidak seimbang, kurangnya sinergitas fungsi dan koordinasi, keterbatasan fasilitas, serta kurangnya pembimbing praktik profesi.

Salah satu program ungggulan Agus dalam membenahi kelemahan ini adalah program peningkatan status akreditasi AUN dengan cara perapihan sistem keuangan dan administrasi FIK.

Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan, ia ingin setiap departemen menjalankan 3 jenis training berkala 2x dalam setahun, dan mengembangkan usaha mandiri seperti penitipan anak bayi.

Dalam jangka panjang ia juga ingin meningkatkan kuota pascasarjana, membentuk pusat-pusat studi untuk menguatkan proyek riset dan hibah, dan pembukaan kelas internasional.

Ketua Pusat Administrasi FIK UI ini juga ingin menggelar staff-student forum dan pendirian Pusat Kajian Kolaborasi, yang bertugas melakukan training keperawatan sehingga mendatangkan pendapatan bagi FIK.

“Saya yakin dengan bersinergi dalam harmoni FIK UI akan menjadi pusat unggulan keperawatan di Asia Tenggara,” tutupnya.

Agus Setiawan merupakan alumnus Keperawatan UI tahun 1999, melanjutkan pendidikan S2 (M.N) di University Of Technology Sydney, dan pendidikan S3 (D.N) ditempuh juga di universitas yang sama (forlap dikti). < Beranda

Sumber:

  • http://www.ui.ac.id/berita/agus-setiawan-terpilh-menjadi-dekan-fik-2017-2021.html
  • http://www.ui.ac.id/2144209-2/pscd-2017.html
  • https://forlap.ristekdikti.go.id/dosen/detail/QTA1ODhGQUItOURFMS00MDIzLUEyOEUtQUYzM0ZCMzZCQzdF/0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *